Komponen RPP

Komponen RPP terdiri atas:
1.   Identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
2.   Identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
3.   Kelas/semester;
4.   Materi pokok;
5.    Alokasi  waktu  ditentukan  sesuai  dengan  keperluan  untuk            pencapaian  KD  dan  beban  belajar  dengan  mempertimbangkan jumlah  jam  pelajaran  yang  tersedia  dalam  silabus  dan  KD  yang harus dicapai;
6.    Kompetensi Inti (KI), merupakan gambaran secara kategorial           mengenai kompetensi dalam aspek sikap,  pengetahuan,     dan keterampilan  yang  harus dipelajari siswa untuk suatu jenjang sekolah, kelas, dan matapelajaran;
7.     Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi.
a.   Kompetensi Dasar; merupakan kemampuan spesifik yang mencakup sikap,  pengetahuan,  dan  keterampilan  yang  terkait  muatan  atau mata pelajaran;
b.   Indikator pencapaian merupakan penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
c.   Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik siswa, satuan pendidikan, dan potensi daerah. Indikator digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian. Dalam merumuskan indikator perlu memperhatikan beberapa hal:
1)  Keseluruhan indikator memenuhi tuntutan kompetensi yang tertuang dalam kata kerja yang digunakan dalam KI-KD.
2)  Indikator dimulai dari tingkatan berpikir mudah ke sukar, sederhana ke kompleks, dekat ke jauh, dan dari konkrit ke abstrak (bukan sebaliknya).
3)  Indikator harus mencapai tingkat kompetensi minimal KD dan dapat dikembangkan melebihi kompetensi minimal sesuai dengan potensi dan kebutuhan siswa.
4)  Indikator harus dapat menggunakan kata kerja operasional yang sesuai.
8.      Tujuan  pembelajaran  yang  dirumuskan  berdasarkan  KD,            dengan menggunakan  kata  kerja  operasional  yang  dapat  diamati  dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
9.      Materi  pembelajaran adalah rincian dari materi pokok yang            memuat  fakta,  konsep,  prinsip,  dan  prosedur yang  relevan,  dan      ditulis  dalam  bentuk  butir-butir  sesuai  dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
10.    Metode pembelajaran merupakan rincian dari kegiatan pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan    suasana  belajar  dan  proses  pembelajaran  agar  peserta  didik mencapai  KD  yang  disesuaikan  dengan  karakteristik  peserta  didik dan KD yang akan dicapai;
11.   Media, alat, dan, sumber pembelajaran
a.      Media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
b.      Alat pembelajaran adalah alat bantu pembelajaran;  yaitu alat bantu pembelajaran yang memudahkan memberikan pengertian kepada siswa.
c.      Sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
12.    Langkah –langkah Kegiatan Pembelajaran, mencakup:
a.      Pertemuan pertama, berisi pendahuluan; kegiatan Inti, dan penutup.
b.      Pertemuan kedua, berisi pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup.
13.   Penilaian
a.      Berisi jenis/teknik penilaian;
b.      Bentuk instrumen 
c.    Pedoman perskoran

Subscribe via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel