Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika Kelas 3 Kurikulum 2013
8:10 PM
Edit
Kompetensi Sikap
Spiritual dan Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect
teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan
memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih
lanjut.
Untuk Kompetensi
Inti 3 (Pengetahuan) dan Kompetensi inti
4 (Keterampilan) dicapai melalui Kompetensi Dasar Matematika berikut ini.
Siswa mampu:
3.1 menjelaskan
sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah;
4.1 menyelesaikan
masalah yang melibatkan penggunaan
sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah;
3.2 menjelaskan
penyajian bilangan cacah dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3, dan 1/4) pada
garis bilangan;
4.2 menggunakan
bilangan cacah dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3 , dan 1/4 ) yang
disajikan pada garis bilangan;
3.3 Menyatakan suatu
bilangan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan
cacah;
4.3 menilai apakah
suatu bilangan dapat dinyatakan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil
bagi dua bilangan cacah;
3.4 menggeneralisasi
ide pecahan sebagai bagian dari keseluruhan menggunakan benda-benda konkret;
4.4 menyajikan pecahan
sebagai bagian dari keseluruhan menggunakan benda-benda konkret;
3.5 menjelaskan dan
melakukan penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama;
4.5 menyelesaikan
masalah penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama;
3.6 menjelaskan dan
menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung;
4.6 menyelesaikan
masalah yang berkaitan lama waktu suatu kejadian berlangsung;
3.7 mendeskripsikan
dan menentukan hubungan antar satuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang
umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari;
4.7 menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan hubungan antarsatuan baku untuk panjang, berat,
dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari;
3.8 menjelaskan dan
menentukan luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda
konkret;
4.8 menyelesaikan
masalah luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda
konkret;
3.9 menjelaskan
simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar menggunakan benda konkret;
4.9 mengidentifikasi simetri
lipat dan simetri putar pada bangun datar menggunakan benda konkret;
3.10 Menjelaskan dan
menentukan keliling bangun datar;
4.10 menyajikan dan
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar;
3.11 menjelaskan
sudut, jenis sudut (sudut siku-siku, lancip, dan tumpul), dan satuan pengukuran
tidak baku;
4.11
mengidentifikasi jenis sudut, (sudut siku-siku, lancip, dan tumpul), dan satuan
pengukuran tidak baku;
3.12 menganalisis
berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki;
4.12 mengelompokkan
berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki;
3.13 menjelaskan data
berkaitan dengan diri peserta didik yang disajikan dalam diagram gambar, dan;
4.13 menyajikan data
berkaitan dengan diri peserta didik yang disajikan dalam diagram gambar.