Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika Kelas 3 Kurikulum 2013

Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.

Untuk Kompetensi Inti  3 (Pengetahuan) dan Kompetensi inti 4 (Keterampilan) dicapai melalui Kompetensi Dasar Matematika berikut ini.

Siswa mampu:
3.1 menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah;
4.1 menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan  sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah;
3.2 menjelaskan penyajian bilangan cacah dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3, dan 1/4) pada garis bilangan;
4.2 menggunakan bilangan cacah dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3 , dan 1/4 ) yang disajikan pada garis bilangan;
3.3 Menyatakan suatu bilangan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah;
4.3 menilai apakah suatu bilangan dapat dinyatakan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah;
3.4 menggeneralisasi ide pecahan sebagai bagian dari keseluruhan menggunakan benda-benda konkret;
4.4 menyajikan pecahan sebagai bagian dari keseluruhan menggunakan benda-benda konkret;
3.5 menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama;
4.5 menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama;
3.6 menjelaskan dan menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung;
4.6 menyelesaikan masalah yang berkaitan lama waktu suatu kejadian berlangsung;
3.7 mendeskripsikan dan menentukan hubungan antar satuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari;
4.7 menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antarsatuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari;
3.8 menjelaskan dan menentukan luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret;
4.8 menyelesaikan masalah luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret;
3.9 menjelaskan simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar menggunakan benda konkret;
4.9 mengidentifikasi simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar menggunakan benda konkret;
3.10 Menjelaskan dan menentukan keliling bangun datar;
4.10 menyajikan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar;
3.11 menjelaskan sudut, jenis sudut (sudut siku-siku, lancip, dan tumpul), dan satuan pengukuran tidak baku;
4.11 mengidentifikasi jenis sudut, (sudut siku-siku, lancip, dan tumpul), dan satuan pengukuran tidak baku;
3.12 menganalisis berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki;
4.12 mengelompokkan berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki;
3.13 menjelaskan data berkaitan dengan diri peserta didik yang disajikan dalam diagram gambar, dan;
4.13 menyajikan data berkaitan dengan diri peserta didik yang disajikan dalam diagram gambar.

Subscribe via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel