Sekolah Dasar

Masukan Kata Kunci Untuk Menemukan Artikel Lebih Mudah


Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013

Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.

Untuk Kompetensi Inti  3 (Pengetahuan) dan Kompetensi inti 4 (Keterampilan) dicapai melalui Kompetensi Dasar Matematika berikut ini.

Siswa mampu:
3.1 menjelaskan bilangan bulat negatif (termasuk menggunakan garis bilangan)
4.1 menggunakan konsep bilangan bulat negatif (termasuk mengggunakan garis bilangan) untuk menyatakan situasi sehari-hari;
3.2 menjelaskan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif;
4.2 menyelesaikan masalah yang berkaitan  dengan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif dalam kehidupan sehari-hari;
3.3 menjelaskan dan melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah dan/atau bilangan pecahan dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi;
4.3 menyelesaikan masalah yang berkaitan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah dan/atau bilangan pecahan dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi;
3.4 menjelaskan titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring;
4.4 mengidentifikasi titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring;
3.5 menjelaskan taksiran keliling dan luas lingkaran
4.5 menaksir keliling dan luas lingkaran serta menggunakannya untuk menyelesaikan masalah;
3.6 Membandingkanprisma, tabung, limas, kerucut,dan bola;    
4.6 Mengidentifikasi prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola;
3.7 Menjelaskan bangun ruang yang merupakan gabungan dari beberapa bangun ruang, serta luas permukaan dan volumenya;
4.7 Mengidentifikasi bangun ruang yang merupakan gabungan dari beberapa bangun ruang, sertaluas permukaan dan volumenya;
3.8 Menjelaskan dan membandingkan modus, median,dan mean dari data tunggal untuk menentukan nilai mana yang paling tepat mewakili data; dan
4.8 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan modus, median, dan mean dari data tunggal dalam penyelesaian masalah