Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 Kurikulum 2013

Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.

Untuk Kompetensi Inti  3 (Pengetahuan) dan Kompetensi inti 4 (Keterampilan) dicapai melalui Kompetensi Dasar Matematika berikut ini.

Siswa mampu:
3.1 menjelaskan dan melakukan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah;
4.1 menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah;
3.2 menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda;
4.2 menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda;
3.3 menjelaskan dan melakukan perkalian dan pembagian pecahan;
4.3 menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perkalian dan pembagian pecahan;
3.4 menjelaskan kecepatan sebagai perbandingan jarak dengan waktu;
4.4 menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kecepatan, jarak, dan waktu.
3.5 menjelaskan posisi suatu benda dengan menggunakan arah mata angin;
4.5 menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan posisi suatu benda dengan menggunakan arah mata angin;
3.6 menjelaskan skala melalui denah;
4.6 menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan skala pada denah;
3.7 menjelaskan dan menentukan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan);
4.7 menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan);
3.8 menjelaskan dan menemukan jaring-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok);
4.8 membuat jaring-jaring  bangun ruang sederhana (kubus dan balok);
3.9 menjelaskan data yang berkaitan dengan diri siswa atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya;
4.9 mengidentifikasi data yang berkaitan dengan diri siswa atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya;
3.10 menjelaskan penyajian data  yang berkaitan dengan diri siswa dan membandingkan dengan data dari lingkungan sekitar dalam bentuk daftar, tabel, diagram gambar (diagram gambar (piktogram), diagram batang atau diagram garis; dan
4.10 mengorganisasikan dan menyajikan data  yang berkaitan dengan diri siswa dan membandingkan dengan data dari lingkungan sekitar dalam bentuk daftar, tabel, diagram gambar (diagram gambar (piktogram), diagram batang atau diagram garis

Subscribe via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel