Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika Kelas 2 Kurikulum 2013

Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.

Untuk Kompetensi Inti  3 (Pengetahuan) dan Kompetensi inti 4 (Keterampilan) dicapai melalui Kompetensi Dasar Matematika berikut ini.

Siswa mampu:
3.1 menjelaskan makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya;
4.1 membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnyaberdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret;
3.2 membandingkan dua bilangan cacah;
4.2 mengurutkan bilangan-bilangan   dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya;
3.3 menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan  bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan;
4.3 menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan;
3.4 menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian;
4.4 menyelesaikan masalah perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian;
3.5 menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang;
4.5 mengurutkan nilai mata uang serta mendemonstrasikan berbagai kesetaraan pecahan mata uang;
3.6 menjelaskan dan menentukan panjang, berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari;
4.6 melakukan pengukuran panjang, berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari;
3.7 menjelaskan pecahan 1/2, 1/3, dan 1/4menggunakan benda-benda konkret;
4.7 menyajikan pecahan 1/2, 1/3, dan 1/4 yang bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu benda konkret;
3.8 menjelaskan dan menentukan jarak antara dua tempat, dengan satuan baku yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari;
4.8 mengukur jarak antara dua tempat, dengan satuan baku yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari;
3.9 menjelaskan ruas garis dengan menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang;
4.9 mengidentifikasi ruas garis dengan menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang;
3.10 menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya;
4.10 mengklasifikasi bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya;
3.11 menjelaskan pola barisan bangun datar dan bangun ruang menggunakan model konkret; dan
4.11 memprediksi pola barisan bangun datar dan bangun ruang menggunakan model konkret.

Subscribe via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel