Kompetensi Dasar Mata Pelajaran PJOK Kelas 6 Kurikulum 2013

Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.

Untuk Kompetensi Inti  3 (Pengetahuan) dan Kompetensi inti 4 (Keterampilan) dicapai melalui Kompetensi Dasar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan berikut ini.

Siswa mampu:
3.1 memahami variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor,dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola besarsederhanadan atau tradisional*;
4.1 mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional;
3.2 memahami variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor,non- lokomotor,dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional*;
4.2 mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor,dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola kecil sederhanadan atau tradisional*;
3.3 memahami variasi dan kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar dengan kontrol yang baik melalui permainan dan atau olah raga tradisional;
4.3 mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar dengan kontrol yang baik melalui permainan dan atau olah raga tradisional;
3.4 menerapkan prosedur variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non lokomotor, dan manipulatif untuk membentuk gerak dasar seni beladiri**
4.4 mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non lokomotor, dan manipulatif untuk membentuk gerak dasar seni beladiri;
3.5 memahami latihan kebugaran jasmani dan pengukuran tingkatkebugaran jasmani pribadi secara sederhana (contoh:menghitung denyut nadi,menghitung kemampuan melakukan push up, menghitung kelenturan tungkai);
4.5 mempratikkan latihan kebugaran jasmani dan pengukuran tingkat kebugaran jasmani pribadi secara sederhana (contoh: menghitung denyut nadi, menghitung kemampuan melakukan push up, menghitung kelenturan tungkai);
3.6 memahami rangkaian tiga pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dengan konsisten, tepat dan terkontrol dalamaktivitas senam;
4.6 mempraktikkan rangkaian tiga pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dengan konsisten, tepat dan terkontrol dalam aktivitas senam;
3.7 memahami penggunaan variasi dan kombinasi gerak dasar rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama(ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama;
4.7 mempraktikkan penggunaan variasi dan kombinasi gerak dasar rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama;
3.8 memahami keterampilan salah satugayarenang dan dasar-dasar penyelamatan diri***;
4.8 mempraktikkan keterampilan salah satu gaya renang dan dasar-dasar penyelamatan diri;
3.9 memahami perlunyapemeliharaan kebersihan alat reproduksi; dan
4.9 memaparkan perlunyapemeliharaan kebersihanalat reproduksi.

Subscribe via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel