Sekolah Dasar

Masukan Kata Kunci Untuk Menemukan Artikel Lebih Mudah


Kompetensi Dasar Mata Pelajaran PJOK Kelas 5 Kurikulum 2013

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK)

Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.

Untuk Kompetensi Inti  3 (Pengetahuan) dan Kompetensi inti 4 (Keterampilan) dicapai melalui Kompetensi Dasar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan berikut ini.

Siswa mampu:

3.1 menerapkan kombinasi gerak lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional;
4.1 mempraktikkan kombinasi gerak lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional.
3.2 menerapkan prosedur kombinasi gerak dasar  jalan, lari,  lompat, dan lempar melalui permainan/olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga tradisional;
4.2 mempraktikkan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional;
3.3 menerapkan prosedur kombinasi gerak dasar  jalan, lari,  lompat, dan lempar melalui permainan/ olahraga yang dimodifikasi dan/atau olahraga tradisional;
4.3 mempraktikkan kombinasi gerak dasar  jalan, lari, lompat, dan lempar melalui permainan/olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga tradisional;
3.4 menerapkan prosedur variasi gerak dasar lokomotor dan nonlokomotor untuk membentuk gerak dasar seni beladiri;
4.4 mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor dan nonlokomotor untuk membentuk gerak dasar seni beladiri;
3.5 memahami prosedur aktivitas latihan daya tahan jantung (cardio respiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani;
4.5 mempraktikkan aktivitas latihan daya tahan jantung (cardio respiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani;
3.6 menerapkan prosedur kombinasi pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) untuk membentuk keterampilan dasar senam menggunakan alat;
4.6 mempraktikkan kombinasi pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) untuk membentuk keterampilan dasar senam menggunakan alat;
3.7 menerapkan  prosedur penggunaan kombinasi gerak dasar  langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama;
4.7 mempraktikkan  pengunaan kombinasi gerak dasar  langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama;
3.8 menerapkan prosedur salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik pada jarak tertentu;
4.8 mempraktikkan salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik pada jarak tertentu;
3.9 memahami perlunya pemeliharaan kebersihan alat reproduksi;
4.9 memaparkan perlunya pemeliharaan kebersihan alat reproduksi;
3.10 memahami bahaya merokok, minuman keras, dan narkotika,   zat-zat aditif (NAPZA) dan obat berbahaya  lainnya terhadap kesehatan tubuh; dan
4.10 memaparkan bahaya merokok, meminum minuman keras, dan mengonsumsi narkotika,   zat-zat aditif (NAPZA), dan obat berbahaya  lainnya terhadap kesehatan tubuh.