Kompetensi Dasar Mata Pelajaran IPA Kelas 5 Kurikulum 2013

Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.

Untuk Kompetensi Inti  3 (Pengetahuan) dan Kompetensi inti 4 (Keterampilan) dicapai melalui Kompetensi Dasar Ilmu Pengetahuan Alam berikut ini.

Siswa mampu:
3.1 menjelaskan alat gerak dan fungsiny apada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia;
4.1 membuat model sederhana alat gerak manusia atau hewan;
3.2 memahami organ pernapasan dan fungsinya pada hewan dan manusia, serta cara memelihara kesehatan organ pernapasan manusia;
4.2 membuat model sederhana organ pernapasan manusia;
3.3 menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ pencernaan manusia;
4.3 menyajikan karya tentang konsep organ dan fungsi pencernaan pada hewan atau manusia;
3.4 menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia;
4.4 menyajikan karya tentang organ peredaran darah pada manusia;
3.5 menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar;
4.5 membuat karya tentang konsep jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem;
3.6 menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari;
4.6 melaporkan hasil pengamatan tentang perpindahan kalor;
3.7 menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari;
4.7 melaporkan hasil percobaan pengaruh kalor pada benda;
3.8 menganalisis siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan mahluk hidup;
4.8 membuat karya tentang skema siklus air berdasarkan informasi dari berbagai sumber;
3.9 mengelompokkan materi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan komponen penyusunnya (zat tunggal dan campuran); dan
4.9 melaporkan hasil pengamatan sifat-sifat campuran dan komponen penyusunnya dalam kehidupan sehari-hari.

Subscribe via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel