Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 6 Kurikulum 2013


Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.

Untuk Kompetensi Inti  3 (Pengetahuan) dan Kompetensi inti 4 (Keterampilan) dicapai melalui Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia berikut ini.

Siswa mampu:
3.1 menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca;
4.1 menyajikan simpulan secara lisan dan tulis dari teks laporan hasil pengamatan atau  wawancara yang diperkuat oleh bukti;
3.2 menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca;
4.2 menyajikan hasil penggalian informasi  dari teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif;
3.3 menggali isi teks pidato yang didengar dan dibaca;
4.3 menyampaikan pidato hasil karya pribadi dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif sebagai bentuk ungkapan diri;
3.4 menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana;
4.4 memaparkan informasi penting dari buku sejarah dengan menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta kosa kata baku dan kalimat efektif;
3.5 membandingkan karakteristik teks puisi dan teks prosa;
4.5 mengubah teks puisi ke dalam teks prosa dengan tetap memperhatikan makna isi teks puisi;
3.6 mencermati petunjuk dan isi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/kantor pos, daftar riwayat hidup, dsb.);
4.6 mengisi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/kantor pos,  daftar riwayat hidup, dll.) sesuai petunjuk pengisiannya;
3.7 memperkirakan informasi yangdapat diperoleh dari teks nonfiksi sebelummembaca(hanya berdasarkan membacajudulnya saja);
4.7 menyampaikan kemungkinaninformasi yang diperoleh berdasarkan membacajudul teks nonfiksi secaralisan, tulis,dan visual;
3.8 menggaliinformasiyang terdapat padateks nonfiksi;
4.8 menyampaikan hasil membandingkan informasi yang diharapkan dengan informasi yang diperoleh setelah membaca teks nonfiksisecara lisan, tulis,dan visual;
3.9 menelusuri tuturan dan tindakan tokoh serta penceritaan penulis dalam teks fiksi;
4.9 menyampaikan penjelasan tentang tuturan dan tindakan tokoh serta penceritaan penulis dalam teks fiksi;
3.10 mengaitkan peristiwa yang dialami tokoh dalam cerita fiksi dengan pengalaman pribadi; dan
4.10 menyajikan hasil pengaitan peristiwa yang  dialami tokoh dalam cerita fiksi dengan pengalaman pribadi secara lisan, tulis, dan visual.

Subscribe via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel