Sekolah Dasar

Masukan Kata Kunci Untuk Menemukan Artikel Lebih Mudah


Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4 Kurikulum 2013

Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.

Untuk Kompetensi Inti  3 (Pengetahuan) dan Kompetensi inti 4 (Keterampilan) dicapai melalui Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia berikut ini.

Siswa mampu:
3.1 Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual;
4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis;
3.2 Mencermati keterhubungan antar gagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual;
4.2 Menyajikan hasil pencermatan tentang keterhubungan antargagasan ke dalam tulisan;
3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan;
4.3 Melaporkan hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis;
3.4 Membandingkan teks petunjuk penggunaan dua alat yang sama dan berbeda;
4.4 Menyajikan petunjuk penggunaan alat dalam bentuk teks tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
3.5 Menguraikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra(cerita,dongeng,dan sebagainya)
4.5 Mengomunikasikan pendapat pribadi tentang isi buku sastrayang dipilih dan dibaca sendiri secara lisan dan tulis yang didukung oleh alasan
3.6 Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan;
4.6 Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri;
3.7 Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi;
4.7 Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri;
3.8 Membandingkan hal yang sudah diketahui dengan yang baru diketahui dari teks nonfiksi;
4.8 Menyampaikan hasil membandingkan pengetahuan lama dengan pengetahuan baru secara tertulis dengan bahasa sendiri;
3.9 Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi;
4.9 Menyampaikan hasil identifikasi tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi secara lisan,tulis,dan visual
3.10 Membandingkan watak masing-masing tokoh pada teks fiksi; dan
4.10 Menyajikan hasil membandingkan watak setiap tokoh padateks fiksi secara lisan, tulis, dan visual