Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 3 Kurikulum 2013
8:06 PM
Edit
Kompetensi Sikap
Spiritual dan Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect
teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan
memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih
lanjut.
Untuk Kompetensi
Inti 3 (Pengetahuan) dan Kompetensi inti
4 (Keterampilan) dicapai melalui Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia berikut ini.
Siswa mampu:
3.1 menggali
informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari yang
disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan;
4.1 menyajikan
hasil informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan
sehari-hari dalam bentuk lisan, tulis, dan visual menggunakan kosakata baku dan
kalimat efektif;
3.2 menggali
informasi tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan,
tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan;
4.2 menyajikan
hasil penggalian informasi tentang konsep sumber dan bentuk energi dalam bentuk
tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif;
3.3 menggali
informasi tentang perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia
yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan;
4.3 menyajikan
hasil penggalian informasi tentang konsep perubahan cuaca dan pengaruhnya
terhadap kehidupan manusia dalam bentuk tulis menggunakan kosakata baku dan
kalimat efektif;
3.4 mencermati
kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat
hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan
setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi
lingkungan;
4.4 menyajikan
laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup),
pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat
secara tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif;
3.5 menggali
informasi tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan hewan melalui wawancara dan/atau
eksplorasi lingkungan;
4.5 menyajikan
hasil wawancara tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan hewan dalam bentuk
tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif;
3.6 mencermati isi
teks informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan
transportasi di lingkungan setempat ;
4.6 meringkas
informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi
di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat
efektif;
3.7 mencermati
informasi tentang konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah
dalam teks lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan;
4.7 menjelaskan
konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dalam bentuk
tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif;
3.8 menguraikan
pesan dalam dongeng yang disajikan secara lisan, tulis, dan visual dengan
tujuan untuk kesenangan;
4.8 memeragakan
pesan dalam dongeng sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosakata baku dan
kalimat efektif;
3.9 mengidentifi-kasi
lambang/ simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta
artinya dalam teks lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan;
4.9 menyajikan
hasil identifikasi tentang lambang/simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan
lambang negara) beserta artinya dalam bentuk visual dan tulis menggunakan
kosakata baku dan kalimat efektif;
3.10 mencermati
ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana)
dalam teks tulis; dan
4.10 memeragakan
ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana)
sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif yang
dibuat sendiri.