Selasa, 04 Maret 2014

EDS 2013 - Standar Pengelolaan

Evaluasi Diri Sekola (EDS) 2013 tentang Standar Pengelolaan ini menggunakan acuan sesuai Permendiknas nomor 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Memiliki 6 Komponen Penilaian  
1. Kinerja pengelolaan sekolah berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak
  • Sekolah merumuskan visi dan misi serta disosialisasikan kepada warga sekolah dan pemangku kepentingan
  • Pengelolaan sekolah menunjukkan adanya kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan 
2. Rencana kerja memiliki tujuan yang jelas dan perbaikan berkelanjutan
  • Sekolah merumuskan rencana kerja dengan tujuan yang jelas untuk peningkatan dan perbaikan berkelanjutan  
  • Sekolah mensosialisasikan rencana kerja yang berbasis tujuan untuk peningkatan dan perbaikan berkelanjutan kepada warga sekolah dan pihak-pihak yang berkepentingan. 
3. Rencana Pengembangan Sekolah/Rencana Kerja Sekolah berdampak terhadap peningkatan hasil belajar
  • Rencana Kerja tahunan dinyatakan dalam rencana kegiatan dan anggaran sekolah dilaksanakan berdasarkan rencana jangka menengah (renstra)   
  • Sekolah melakukan evaluasi diri terhadap kinerja sekolah secara berkelanjutan untuk melihat dampaknya terhadap peningkatan hasil belajar 
  • Sekolah menetapkan prioritas indikator untuk mengukur, menilai kinerja, dan melakukan perbaikan berdasarkan hasil evaluasi diri dengan memfokuskan pada peningkatan hasil belajar 
4. Pengumpulan dan penggunaan data yang handal dan valid
  • Sekolah mengelola sistem informasi pengelolaan dengan cara yang efektif, efisien dan dapat dipertanggungjawabkan  
  • Sekolah menyediakan sistem informasi yang efisien, efektif, dan dapat diakses 
5. Pemberian dukungan dan kesempatan pengembangan profesi bagi para pendidik dan tenaga kependidikan
  • Sekolah meningkatkan keefektifan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan dan pengembangan profesi pendidik dan tenaga kependidikan  
  • Supervisi dan evaluasi pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan standar nasional 
6.  Masyarakat mengambil bagian dalam kehidupan sekolah
  • Warga sekolah terlibat dalam pengelolaan kegiatan akademis dan nonakademis
  • Sekolah melibatkan anggota masyarakat khususnya pengelolaan kegiatan nonakademis

Untuk melihat rincian lengkapnya silahkan lihat disini atau download disini
Setelah melihat standar pengelolaan marilah kita lanjutkan dengan standar pembiayaan disini