Senin, 24 Februari 2014

LANGKAH-LANGKAH PEMBUATAN RENCANA KERJA TAHUNAN (RKT) 2014 DISESUAIKAN DENGAN KURIKULUM 2013

Rencana Kerja Tahunan (RKT) merupakan penjabaran rinci dari Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) satuan pendidikan yang meliputi masa 4 tahun. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum baru yang harus diterapkan seutuhnya pada tahun pelajaran 2016/2017 sesuai dengan Peraturan Permendikbud No 64 Tahun 2013. Oleh karena itu untuk mencapai sasaran baru tersebut maka kami keluarga besar Sekolah Dasar pada kesempatan ini juga membuat RKJM baru untuk mengkolaborasikan Visi Sekolah dengan Kurikulum baru. 

Rencana Kerja Tahunan ini disusun melalui proses yang cukup panjang, dimulai dari menentukan Visi, Misi dan Tujuan Sekolah, dilanjutkan dengan melakukan proses Evaluasi Diri Sekolah (EDS) 2013. Evaluasi Diri Sekolah ini terdapat beberapa kolaborasi karena menurut peraturan baru dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ada beberapa perubahan standar pendidikan, oleh karenanya EDS nya pun kami sesuaikan dengan standar yang baru tersebut.

Masih belum jelasnya penggunaan kurikulum di tahun pelajaran  2014/2015 yang akan diterapkan di wilayah kerja Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur khususnya di Pusat Pembinaan Pendidikan Kecamatan Mande, maka kami mengasumsikan kurikulum yang diterapkan di tahun pelajaran 2014/2015 menggunakan Kurikulum 2013 sepenuhnya. Jika pada akhirnya kurikulum yang dgunakan masih menggunakan kurikulum KTSP untuk sebagian kelas dan Kurikulum 2013 untuk kelas lainnya maka kami akan melakukan perubahan seperlunya pada RKT ini. 
Setelah melakukan EDS maka kami selanjutnya menentukan tantangan sekolah yang menghambat pencapaian visi sekolah. Tantangan tersebut harus diselesaikan dengan bentuk program kerja. Penyelesaian tantangan tersebut dengan program kerja tentunya memerlukan anggaran biaya, sedangkan kemampuan sekolah dalam hal anggaran biaya sangatlah terbatas oleh karena itu diperlukan skala prioritas penyelesaiannya. Prioritas penyelesaian tersebut kami tuangkan dalam bentuk Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) 2014-2017. Berdasarkan skala prioritas tersebut maka kami tuangkan Rencana Kerja yang harus diselesaikan terlebih dahulu dalam RKT Tahun anggaran 2014 ini disertai dengan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS). Oleh karena itu, Rencana Kerja Tahunan (RKT) Sekolah Dasar Tahun 2014 ini dijadikan acuan kami dalam meningkatkan mutu pendidikan terutama dalam pencapaian Visi Sekolah

Adapun Langkah-Langkah pembuatan RKT yang disesuaikan dengan Kurikulum 2013 susunannya sebagai berikut:
A.     Pendahuluan
B.     Profil Sekolah
C.     Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah (contoh lihat disini)
D.     Evaluasi Diri Sekolah (EDS) Tahun 2013 (contoh lihat disini)
E.     Rekomendasi Hasil EDS 2013 sebagai Tantangan Utama Sekolah (contoh lihat disini)
F.     Rencana Kerja Sekolah (Program Rutin dan Program Strategis) (contoh lihat disini)
G.    Rencana Kerja Tahunan SDN Cikadu Tahun 2014 
G.1 Kalender Pendidikan (Semester Genap dan Semester Ganjil) 
G.2 Jadwal Penyusunan KTSP Tahun Pejajaran berikutnya 
G.3 Mata Pelajaran Semseter Genap dan Ganjil 
G.4 SK Pembagian Tugas Belajar Mengajar 
G.5 Jadwal Penggunaan dan Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pembelajaran 
G.6 Program Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan
G.7 Jadwal Rapat Dewan Pendidik, Rapat Konsultasi Satuan Pendidikan dengan Orangtua Wali dan Rapat Satuan Pendidikan dengan Komite Sekolah
G.8 Sasaran Indikator dan Penanggung Jawab Program RKT 2014 (contoh lihat disini)
G.9 Rencana Anggaran dan Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS) Tahun 2014 (contoh lihat disini)
G.10 Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) Tahun 2014 (contoh lihat disini)