Sabtu, 30 Maret 2013

SASARAN DAN INDIKATOR KEGIATAN PENGEMBANGAN STANDAR PROSES

Sasaran dan Inditator Kegiatan Pengembangan Standar Proses Rencana Kerja Tahunan (RKT) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) 2013
(sesuai dengan Implementasi Permendiknas nomor 41 tahun 2007)

Sasaran : Pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan metode yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, kreatif dan menantang dan memotivasi peserta didik
Kegiatan dan Indikatornya
  1. Pengadaan Sarana Penunjang KBM (rutin). Indikatornya: Tersedianya sarana penunjang KBM agar pembelajaran dapat teralaksana dengan menyenangkan.
  2. Pembelian Buku Penunjang Pembelajaran (rutin). Indikarornya: Tersediannya buku penunjang pembelajaran.
  3. Pengadaan Alat Pembelajaran (strategis). Indikatornya: Tersedianya alat penujang pembelajaran yang mendukung terlaksanannya KBM yang interaktif
Sasaran : Terlaksananya Program Kesiswaan yang baik
Kegiatan dan Indikatornya
  1. Penerimaan Siswa Baru (rutin). Indikatornya: Terlaksananya Program Kesiswaan yang baik yang salah satunya penerimaan siswa baru bisa mengakomodir siswa melaksanakan program wajib belajar.
Sasaran : Terlaksananya Program ekstraulikuler wajib
Kegiatan dan Indikatornya
  1. Penyusunan Program Ekstrakulikuler Pramuka  (rutin). Indikatornya: Tersedianya program Pramuka yang baik
  2. Kegiatan Perkemahan Pramuka (strategis). Indikatornya: Terlaksananya program perkemahan
Semoga bermanfaat!!!

SASARAN DAN INDIKATOR KEGIATAN PENGEMBANGAN STANDAR ISI

Sasaran dan Inditator Kegiatan Pengembangan Standar Isi Rencana Kerja Tahunan (RKT) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) 2013
(sesuai dengan Implementasi Permendiknas nomor 22 tahun 2003)

Sasaran : Kurikulum sesuai dan relevan
Kegiatan dan Indikatornya
  1. Penyusunan Pembagian Tugas Guru dan Jadwal Pelajaran (rutin). Indikatornya: Dapat tersusunnya pembagian tuas sesuai dengan SPM.
  2. Penyusunan Program Tahunan (rutin). Indikarornya: Dapat tersusunnya Program tahunan dengan baik sesuai dengan standar isi.
  3. Penyusunan Program Semester (rutin). Indikatornya: Dapat tersusunnya Program Semester dengan baik
  4. Pembuatan Silabus (rutin). Indikatornya: Ada silabus tertulis yang benar dari kelas I – VI yang dikembangkan berdasarkan Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan.
  5. Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) (rutin). Indikatornya: Ada RPP tertulis untuk setiap kompetensi berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran.
Semoga bermanfaat!!!

SASARAN DAN INDIKATOR KEGIATAN PENGEMBANGAN KOMPETENSI LULUSAN

Sasaran dan Inditator Kegiatan Pengembangan Kompetensi Lulusan Rencana Kerja Tahunan (RKT) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) 2013
(sesuai dengan Implementasi Permendiknas nomor 23 tahun 2006)

Sasaran : Peserta didik dapat mencapai target akademis yang diharapkan
Kegiatan dan Indikatornya
  1. Penyusunan Kriteria Ketuntasan Minimal (rutin). Indikatornya: Tersusunnya KKM dengan dari semua kurikulum pembelajaran kelas.
  2. Penyusunan Kriteria Kenaikan Kelas (rutin). Indikarornya: Tersusunnya Kriteria Kenaikan Kelas dengan Baik.
  3. Ujian Akhir Sekolah / Ujian Akhir Nasional (rutin). Indikatornya: Nilai UASBN menuaskan ( >7 )
  4. Rapat UAN/UAS (rutin). Indikatornya: Terlaksanannya rapat UAN/UAS yang baik dengan menghasilkan Jadwal Ujian, Pengawas dan Pemeriksa Ujian, tertulis maupun praktek.
  5. Rapat Kelulusan (rutin). Indikatornya: Terlaksananya rapat kelulusan yang menghasilkan daftar peserta didik yang lulus dan peserta yang akan melanjutkan ke jenjang SMP/MTs.
  6. Pemantapan Ujian Naional (rutin). Indikatornya: Terlaksanannya Pengayaan / Tambahan Jam Belajar sehingga Kompetensi Dasar peserta didik memenuhi standar untuk kelulusan
  7. Pelaksanaan Uji Coba/Try Out UASBN/UN (strategis). Indikatornya: Terlaksananya Uji Coba/Try Out untuk hasilnya dievaluasi untuk mengadakan pengayaan agar target kelulusan tercapai

CONTOH HASIL EVALUASI DIRI SEKOLAH (EDS) SEKOLAH DASAR

EVALUASI DIRI SEKOLAH DASAR NEGERI XXXXXX 

STANDAR ISI 
  1. Kurikulum SD Negeri XXXXXX disusun mengikuti panduan BSNP namun masih memerlukan pengembangan 
  2. Kurikulum SD Negeri XXXXXX disusun dengan mempertimbangkan usia peserta didik dan kebutuhan pembelajaran 
  3. Struktur kurikulum SD Negeri XXXXXX kurang mengalokasikan waktu yang cukup bagi peserta didik agar dapat memahami konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikunya, sedangkan program remedial dan pengayaan kadang kala dilaksanakan 
  4. SD Negeri XXXXXX masih sangat terbatas dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling yang memadai dalam memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik 
  5. SD Negeri XXXXXX sudah menyediakan beberapa jenis kegiatan ekstrakulikuler bagi peserta didik yang sesuai dengan minat sebagian besar peserta didik.
STANDAR PROSES 
  1. Silabus telah sesuai dengan SI dan SKL
  2. Sebagian silabus telah dikaji dan dikembangkan secara teratur oleh guru secara mandiri maupun berklompok 
  3. Sebagian guru menyusun RPP sendiri untuk setiap kompetensi dasar berdasarkan prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran 
  4. RPP tidak memperhatikan perbedaan individu peserta didik 
  5. Siswa menggunakan sumber belajar yang dimiliki sendiri dan beberapa buku teks yang tersedia di perpustakaan SD Negeri XXXXXX selama pelajaran berlangsung 
  6. Guru sudah menggunakan sumber belajar lainnnya selain buku pelajaran, namun hanya pada mata pelajaran tertentu 
  7. Sebagian guru sudah konsisten melaksanakan kegiatan pembelajaran yang interaktif, inspiratif menyenangkan dan menantang sesuai dengan RPP yang disusunnya 
  8. Guru belum sepenuhnya konsisten memberikan kesempatan pada peserta didik untuk melakukan eksplorasi dan elaborasi serta mendapatkan konfirmasi di setiap pembelajaran 
  9. Proses pembelajaran disupervisi dan dievaluasi mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan penilaian hasil pembelajaran 
  10. Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan secara berkala oleh Kepala SD Negeri XXXXXX dan pengawas tetapi tidak ditindaklanjuti 

LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT RKT DAN RKAS SEKOLAH DASAR 2013

RKT atau Rencana Kerja Tahuan adalah suatu haluan program kerja yang disusun setiap tahunnya oleh unsur-unsur sekolah baik dari Dewan Sekolah, Kepala Sekolah, maupun Dewan Guru agar sekolah tidak kehilangan arah dalam menentukan tujuannya selama setahun kedepan

RKAS atau Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah adalah rincian program sebagai penjabaran dari RKT agar anggaran yang ada bisa di alokasikan ke dalam program yang hendak dilaksanakan selama satu tahun kedepan.

Sekolah Dasar setiap tahun menerima Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari pemerintah sebanyak Rp. 580.000,- persiswa. Oleh karena itu RKAS penting dibuat oleh sekolah agar dana yang diberikan berupa Dana BOS tersebut tepat dan penyerapannya on the rack. Menurut Juknis BOS tahun 2013 terdapat 8 Program utama yang harus dijalankan sekolah agar tujuan pendidikan nasional umumnya dan tujuan pendidikan dasar khususnya dapat tercapai. 8 Program tersebut yaitu
  1. Pengembangan Kompetensi Lulusan
  2. Pengembangan Standar Isi
  3. Pengembangan Standar Proses
  4. Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  5. Pengembangan Sarana dan Prasarana Sekolah
  6. Pengembangan dan Implementasi Manajemen Sekolah
  7. Pengembangan Standar Pembiayaan
  8. Pengembangan dan Implementasi Sistem Penilaian

SOAL UKG 2013 KD 1.4

CONTOH SOAL UJI KOMPETENSI GURU 2013
YANG DISESUAIKAN DENGAN KISI-KISI SOAL UKG 
KOMPETENSI 
1. Menguasai subtansi dan metodologi dasar keilmuan bahasa Indonesia yang mendukung pembelajaran bahasa Indonesia SD/MI 
SUB KOMPETENSI 
1.4 Mengkreasikan apresiasi sastra Indonesia yang mendukung pembelajaran bahasa Indonesia 
INDIKATOR ESENSIAL 
1.4.1 Menganalisis unsur intrinsik dan ekstrinsik, stuktur, dan ciri-ciri karya sastra puisi 
1.4.2 Menganalisis unsur intrinsik dan ekstrinsik, stuktur, dan ciri-ciri karya sastra prosa 
1.4.3 Menyusun langkah-langkah membuat paraphrase puisi ke prosa 
1.4.4 Menilai Prosa 
1.4.5 Mengapresiasi Drama 

CONTOH SOAL 
No Soal 15a (sesuai IE 1.4.1) 
Berikut ini termasuk unsur intrinsik dalam puisi kecuali… 
a. Tema 
b. Amanat 
c. Tokoh 
d. Gaya bahasa 
Jawaban C 
Pembahasan 
Unsur intrinsik sebuah puisi terdiri dari tema, amanat, sikap atau nada, perasaan, tipografi, enjambemen, akulirik, rima, citraan, dan gaya bahasa 

No Soal 15b (sesuai IE 1.4.1) 
Berikut ini termasuk unsur ektrinsik dalam puisi kecuali… 
a. Latar belakang penciptaan 
b. Kondisi masyarakat pada saat karya sastra diciptakan 
c. Pandangan hidup pengarang 
d. Pembuatan alur yang sesuai 
Jawaban D 
Pembahasan Unsur Ekstrinsik puisi adalah 
1. Latar belakang penciptaan 
2. Kondisi masyarakat pada saat karya sastra diciptakan 
3. Pandangan hidup pengarang 

Rabu, 20 Maret 2013

SOAL UKG 2013 KD 1.3

CONTOH SOAL UJI KOMPETENSI GURU 2013 
YANG DISESUAIKAN DENGAN KISI-KISI SOAL UKG 

KOMPETENSI
1. Menguasai subtansi dan metodologi dasar keilmuan bahasa Indonesia yang mendukung pembelajaran bahasa Indonesia SD/MI
SUB KOMPETENSI
1.3 Menampilkan keterampilan berbahasa (mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis)
INDIKATOR ESENSIAL 
1.3.1 Merumuskan hakikat (pengertian, tujuan, jenis dan manfaat membaca)
1.3.2 a) Menemukan isi atau pokok wacana dari sebuah pengumuman b) merumuskan hakikat (pengertian, tujuan, jenis dan manfaat) menulis
1.3.3 Menemukan isi atau pesan pokok wacana dari sebuah berita
1.3.4 Menemukan isi atau pesan pokok wacana naratif secara cerita rakyat, puisi
1.3.5 Membandingkan berbagai jenis wacana bahasa Indonesia (deskripsi dan narasi)
1.3.6 Membandingkan berbagai wacana Bahasa Indonesia (argumentasi dan eksposisi)
1.3.7 Menyusun berbagai bentuk/jenis tulisan surat
1.3.8 Mendeskripsikan unsur-unsur makalah

CONTOH SOAL
No Soal 7a (sesuai IE 1.3.1)
Membaca yang mengutamakan isi bacaan sebagai ungkapan pikiran, perasaan, dan kehendak penulis. Bila hanya ingin mengetahui isinya, membaca cerdas bersifat lugas. Akan tetapi, bial maksudnya untuk memahami dan memilki isi bacaan, maka tergolong kedalam membaca jenis
a. Membaca cerdas atau membaca dalam hati
b. Membaca bahasa
c. Membaca teknis
d. Membaca bebas
Jawaban A
Pembahasan Jenis-jenis membaca
1) Membaca bahasa Membaca bahasa adalah membaca yang mengutamakan bahasa bacaan. Membaca bahasa mementingkan segi bahasa bacaan. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membaca bahasa adalah kesesuian pikir dengan bahasa, perbendaharaan bahasa yang meliputi kosa kata, struktur kalimat, dan ejaan. 
2) Membaca cerdas atau membaca dalam hati Membaca cerdas adalah membaca yang mengutamakan isi bacaan sebagai ungkapan pikiran, perasaan, dan kehendak penulis. Bila hanya ingin mengetahui isinya, membaca cerdas bersifat lugas. Akan tetapi, bila maksudnya untuk memahami dan memilki isi bacaan, maka disebut membaca belajar. 
3) Membaca teknis Membaca teknis adalah membaca dengan mengarahkan bacaan secara wajar. Wajar maksudnya sesuai ucapan, tekanan, dan intonasinya. Pikiran, perasaan, dan kemauan yang tersimpan dalam bacaan dapat diaktualisasikan dengan baik. 
4) Membaca emosional Membaca emosional adalah membaca sebagai sarana untuk memasuki perasaan, yaitu keindahan isi, dan keindahan bahasanya. 
5) Membaca bebas Membaca bebas adalah membaca sesuatu atas kehendak sendiri tanpa adanya unsur paksaan dari luar. Unsur dari luar misalnya guru, orang tua, teman, atau pihak-pihak lain 

MEMPERSIAPKAN ANAK MASUK SEKOLAH DASAR

Sekolah Dasar adalah jenjang pendidikan formal pertama pendidikan di Indonesia. Meskipun sebelumnya ada jenjang play group maupun Taman Kanak-Kanak tetapi Sekolah Dasar merupakan jenjang pendidikan dasar yang dicanangkan pemerintah dan wajib diikuti oleh seluruh warga negara yang berusia kurang lebih 7 tahun. Mungkin di daerah perkotaan ketika anak sudah masuk ke taman kanak-kanak maka akan mudah menyesuaikan diri dengan keadaan atau lingkungan sekolah. Tetapi untuk yang baru menginjakan diri di sekolah dasar maka anak kadang-kadang malas dan ga mau sekolah, selain itu kadang anak-anak minder dengan teman-temannya dan membuat mereka malas sekolah juga

Bagaimana mempersiapkan anak agar mau sekolah karena tidak sedikit ketika usiannya sudah usia sekolah, banyak anak yang memilih untuk bermain dan enggan sekolah. Mungkin ini yang bisa anda coba agar anak mau sekolah
1. Memberi tau bahwa ketika sekolah mereka akan banyak teman. Tidak dipungkiri ketika di suatu lingkungan, dimana banyak teman sebayanya sekolah maka dia akan tertarik sekolah. Tetapi ketika di suatu lingkungan tidak mempunyai teman sebaya maka akan susah diajak untuk bersekolah karena tidak ada teman. Beri penjelasan anak bahwa dengan dia bersekolah maka dia akan banyak teman dan bisa bermain.
2. Belikan mereka baju sekolah dasar meski masih jauh dimulai tahun ajaran baru. Biasanya dengan membelikan mereka baju sekolah dasar mereka akan mulai mencari tahu apa itu sekolah dasar. Rasa keingintahuan itu akan menyebabkan anak bisa termotivasi lebih baik untuk bersekolah

Mungkin ini sedikit tips dari saya untuk mempersiapkan anak agar siap masuk SD

SIAP MENGHADAPI UJIAN NASIONAL SD

Ujian Nasional 2013 di semua tingkatan mulai dari Sekolah Dasar, SMP maupun SMA akan dilaksanakan segera dan tinggal menghitung hari. Pertanyaannya sudahkah anak didik anada dipersiapkan dengan baik? Sudahkah saya siap menghadapi ujian ini? Apa yang perlu saya persiapkan menghadapi Ujian Nasional ini? Mungkin ini sedikit pertanyaan yang muncul ketika akan menghadapi Ujian Nasional.

Dengan kebijakan yang merubah banyak versi soal untuk SMP maupun SMA membuat panik banyak siswa. Kebayakan mereka belum siap melaksanakan Ujian Nasional. Meskipun Ujian Nasional tidak menjadi penetu segalanya untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi tetapi Ujian Nasional menjadi prestise siswa maupun sekolah ketika mendapatkan nilai yang bagus. Apa saja yang hendaknya dipersiapkan untuk menghadapi Ujian Nasional
  1. Materi ujian harus dipersiapkan, mau tidak mau ini wajib dipersiapkan. Ketika anda akan ujian tapi anda tidak tahu apa yang mau di uji sama aja budnuh diri. Menghadapi medan perang tanpa tau medan perana yang akan kita hadapi. Saran saya belajar SKS nya mempelajari kisi-kisi ujiannya, karena pemerintah akan membuat soal tidak jauh dari kisi-kisinya. Untuk kisi-kisi, soal, dan sedikit pembahasannya bisa dilihat disini
  2. Alat-alat ujian, seperti pensil 2B komputer dan alas lembar jawaban. Alat ini bisa mengoptimalisasi jawaban kita.
  3. Mental. Mungkin ini adalah hal yang paling sulit di siapkan. Materi ujian tinggal dipelajar, alat-alat tinggal di beli sedangkan mental harus datang dari diri sendiri. Mental disini yaitu sikap optimis, percaya diri, tidak grogi, tidak pesimis. Untuk mempersiapkan mental ini saya sarankan kepada anda untuk pergi ke tempat-tempat indah, seperti melihat pesawaha. Biarkan diri anda relaks agar tekanan ujian tidak terlalu tinggi. Sebelum tidur biasakan ucapkan "UJIAN BISA" agar anda termotivasi.
Demikian sedikit sharing dari saya... terima kasih semoga ujian anda sukses!!!

MEMPERCANTIK TAMPILAN BLOG DENGAN WIDGET

Mempercantik tampilan blog berfungsi untuk menyamankan pembaca yang berkunjung ke blog kita. Berikut ini mungkin beberapa widget yang harus ada untuk mempercantik blog beserta fungsinya.
1. Laman
Laman adalah sebuah widget yang biasanya berada di bawah judul blog. Laman berfungsi untuk mempermudah pengunjung blog mengetahui gambaran isi blog kita, dan bisa langsung merujuk ke tema tertentu dari blog kita. Laman biasanya terdiri dari dua katagori, katagori laman tunggal seperti hanya berisi suatu data diri atau profil, atau kontak penulis blog.

2. SEO (search engine optimation)
Kolom SEO wajib perlu agar pengunjung bisa mencari artikel lain yang tidak ada di halaman utama atau halaman pencarian lain.

SOAL UKG 2013 KD 1.2

CONTOH SOAL UJI KOMPETENSI GURU 2013 
YANG DISESUAIKAN DENGAN KISI-KISI SOAL UKG 

KOMPETENSI 
1. Menguasai subtansi dan metodologi dasar keilmuan bahasa Indonesia yang mendukung pembelajaran bahasa Indonesia SD/MI
SUB KOMPETENSI 
1.2 Merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi dan mengevaluasi pembelajaran bahasa Indonesia  
INDIKATOR ESENSIAL
1.2.1 Memilih berbagai metode pembelajaran menulis permulaan yang dapat mengembangkan kemampuan dan kegemaran menulis siswa
1.2.2 Merancang berbagai kegiatan menulis kelas tinggi yang dapat meningkatkan kemampuan menulis dan berpikir siswa
1.2.3 Memperjelas perencanaan dan pelaksanaan penilaian dan evaluasi dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

CONTOH SOAL
No Soal 3a (sesuai IE 1.2.1)
Metode dengan memulai pengajaran membaca dan menulis permulaan dengan membaca kalimat secara utuh yang ada di bawah gambar. Menguraikan kalimat dengan kata-kata, menguraikan kata-kata menjadi suku kata disebut dengan metode 
a. Metode Eja 
b. Metode Kata Lembaga 
c. Metode Global 
d. Metode SAS 
Jawaban :
Pembahasan 
Beberapa metode dalam menulis permulaan diantaranya yaitu: 
1. Metode Eja Metode eja di dasarkan pada pendekatan harfiah, artinya belajar membaca dan menulis dimulai dari huruf-huruf yang dirangkaikan menjadi suku kata. Oleh karena itu pengajaran dimulai dari pengenalan huruf-huruf. Demikian halnya dengan pengajaran menulis di mulai dari huruf lepas, dengan langka-langkah sebagai berikut: a) Menulis huruf lepas b) Merangkaikan huruf lepas menjadi suku kata. c) Merangkaikan suku kata menjadi kata d) Menyusun kata menjadi kalimat. 
2. Metode kata lembaga Metode kata lembaga di mulai mengajar dengan langkah-langkah sebagai berikut: a) Mengenalkan kata. b) Merangkaikan kata antar suku kata. c) Menguraikan suku kata atas huruf-hurufnya. d) Menggabungkan huruf menjadi kata. 
3. Metode Global Metode global memulai pengajaran membaca dan menulis permulaan dengan membaca kalimat secara utuh yang ada di bawah gambar. Menguraikan kalimat dengan kata-kata, menguraikan kata-kata menjadi suku kata. 
4. Metode SAS Metode SAS menurut (Djuzak,1996:8) adalah suatu pembelajaran menulis permulaan yang didasarkan atas pendekatan cerita yakni cara memulai mengajar menulis dengan menampil cerita yang diambil dari dialog siswa dan guru atau siswa dengan siswa. Teknik pelaksanaan pembelajaran metode SAS yakni keterampilan menulis kartu huruf, kartu suku kata, kartu kata dan kartu kalimat, sementara sebagian siswa mencari huruf, suku kata dan kata, guru dan sebagian siswa menempel kata-kata yang tersusun sehingga menjadi kalimat yang berarti. 

Selasa, 19 Maret 2013

SOAL UKG 2013 KD 1.1

CONTOH SOAL UJI KOMPETENSI GURU 2013 
YANG DISESUAIKAN DENGAN KISI-KISI SOAL UKG 

KOMPETENSI 
1. Menguasai subtansi dan metodologi dasar keilmuan bahasa Indonesia yang mendukung pembelajaran bahasa Indonesia SD/MI 
SUB KOMPETENSI 
1.1 Memilih, menata dan merepsentasi materi ajar bahasa Indonesia SD berdasarkan pemahaman tentang bagaimana siswa belajar bahasa Indonesia 
INDIKATOR ESENSIAL 
1.1.1 Menganalisis karakteristik perkembangan bahasa anak usia SD 
1.1.2 Memilih materi ajar aspek membaca di kelas rendah SD 
1.1.3 Memilih materi ajar aspek menulis di kelas tinggi 

CONTOH SOAL 
No Soal 1a (sesuai IE 1.1.1) 
Berikut ini adalah Karakteristik Anak Usia SD dari segi Psikomotorik, yaitu 
a. Anak sudah dapat memakai pakaian dengan rapi 
b. Anak dapat menciptakan sesuatu bentuk/benda dengan menggunakan alat 
c. Anak sudah mulai memahami beberapa konsep abstrak seperti menghitung tanpa menggunakan benda 
d. Anak menunjukan kepedulian terhadap orang lain 

Jawaban : B 
Pembahasan 
Perkembangan bahasa anak usia SD dapat dilihat dari beberapa segi 
  • Mental (cth: Anak mulai menunjukan tenggang rasa dan penghargaan terhadap teman, Anak menunjukan kepedulian terhadap orang lain) 
  • Psikomotorik (cth: Anak mulai menciptakan sesuatu bentuk/benda dengan menggunakan alat, terjadi perubahan fisik, tinggi dan berat badan yang menonjol, Anak sudah memiliki gerakan yang bebas dan aman, Anak mampu melakukan koordinasi dan keseimbangan badan) 
  • Sosial (cth: Anak sudah memakai pakaian dengan rapih, Anak dapat menampilkan sifat ingin tahu) 
  • Emosional (cth: Anak menunjukan keceriaan dalam berbagai aktivitas bersama teman sebayanya, Anak dapat menunjukan sikap marah dalam kondisi yang wajar) 
  • Kognitif (cth: Anak menunjukan kreatifitasnya dalam membentuk karya tertentu, Anak sudah mulai memahami beberapa konsep Abstak seperti menghitung tanpa menggunakan benda) 

Senin, 18 Maret 2013

INFORMASI SERTIFIKASI GURU 2013



Sedikit berbagi informasi bagi yang membutuhkan informasi tentang sertifikasi guru 2013.
Adapun informasinya yaitu:

  1. Pelaksanaan UKG 2013 online dilaksanakan pada tanggal 2 s/d 12 April 2013
  2. Peserta UKG adalah guru yang belum bersertifikat pendidik yang sudah terdata dan terverifikasi dalam Aplikasi Penetapan Peserta Guru (AP2SG) sampai dengan tanggal 14 Februari 2013
  3. Dinas Pendidikan kabupaten/Kota menetapkan peserta UKG ke dalam masing-masing Tempat Uji Kompetensi (TUK) melalui AP2SG tanggal 6-11 Maret
Untuk informasi siapa saja yang terdata sebagai peserta UKG 2013 dapat di lihat di http://sergur.kemdiknas.go.id/
Di kanan atas ada tulisan pencarian. Terus masukan NUPTK jika hafal nuptknya.

Jika lupa klik kriteria




Sabtu, 16 Maret 2013

SOAL UJIAN NASIONAL SD 2013

Akhirnya beres juga buat contoh soal UN SD, tapi baru beres yang matematika, semoga bisa bermanfaat. Ada 3 hal yang bisa di download soal ujian nasional sekolah dasar (SD) 2013 yaitu kisi-kisi ujiannya, soal ujiannya, kisi-kisi + soal + pembahasannya


Biar tidak mengecewakan silahkan dilihat dulu
Untuk Kisi-Kisi asli dari Depdiknas (Lihat - Download)
Untuk Contoh Soal Matematikanya (Lihat - Download)
Untuk Kisi-Kisi + Soal + Pembahasan dan jawaban (Lihat - Download)

Semoga bermanfaat...

Kamis, 14 Maret 2013

MEMBUAT BLOG SEKOLAH ATAU BLOG PRIBADI

Sebelumnya saya menulis tentang bagaimana cara membuat akun google sekarang kita akan membuat sebuah blog yang disediakan gratis oleh google. Sebelum kita membuat blog kita harus memikirkan dulu apa yang akan ada dalam blog tersebut agar memudahkan dalam setting template atau layout tampilannya. Saya akan mencontohkan sebuah blog yang akan di buat oleh sekolah misalnya sekolah SDN MANDE 1 CIANJUR

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1.  Buka situs http://www.blogger.com/ 
2. Jika sudah log in ke google akan langsung masuk ke home tapi jika tidak akan diminta untuk mengkonfirmasi kepemilikin akun google, kalau belum punya buat terlebih dahulu akun google nya

NOMOR UNIK PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

Apa itu Nomor Unik Pendidik dan Tenega Kependidikan yang disingkat NUPTK adalah nomor unik seorang pendidik atau tenaga kependidikan yang bersifat nasional yang berisi 16 digit data dan tidak akan berubah meskipun berpindah tempat kerja. NUPTK pada dasarnya adalah identitas resmi untuk keperluan peningkatan mutu pendidikan dan tenaga kependidikan tersebut. Ada beberapa fungsi NUPTK diantaranya:
  1. Sebagai bentuk partisipasi dalam pendataan pendidik dan tenaga pendidik secara nasional sehingga pemerintah dapat mencanangkan program peningkatan kesejahtraan bagi pendidik dan tenaga pendidik tersebut
  2. Sebagai identitas nasional yang resmi untuk dapat mengikuti program yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat maupun daerah
Sebelum menjelaskan bagaimana cara mendaftar atau mendapatkan NUPTK ada baiknya mengenal perbedaan antara pendidik dan tenaga kependidikan. Perbedaan pendidik dan tenaga kependidikan yaitu kalau pendidik seseorang yang bertugas memberikan pengajaran langsung kepada peserta didik yang dikenal dengan nama guru sedangkan tenaga kependidikan adalah seseorang yang bertugas untuk membantu penyelenggaraan pendidikan diluar tugas seorang guru misalnya tenaga perpustakaan yang mengelola sebuah perpustakaan, tenaga lab yang mengelola lab dan sebagainya. Sekarang kita mulai bagaimana cara mendapatkan NUPTK.

Selasa, 12 Maret 2013

RPP SILABUS SBK SEKOLAH DASAR

Mudah-mudahan dapat berguna sebagai rujukan atau contoh administrasi pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) Sekolah Dasar yang masih mengacu kurikulum KTSP 2006. Ada baiknya dilihat dulu sebelum di download biar tidak kecewa hasilnya, pembelajaran SBK ini dari kelas 3 sampai kelas 6

SK dan KD SBK Sekolah Dasar (Lihat - Download)
Pemetaan SK dan KD SBK Sekolah Dasar (Lihat - Download)
SILABUS SBK Sekolah Dasar (Lihat - Download)
RPP SBK Sekolah Dasar (Lihat - Download)
PROMES SBK Sekolah Dasar (Lihat - Download)
PROTA SBK Sekolah Dasar (Lihat - Download)
KKM SBK Sekolah Dasar (Lihat - Download)

RPP SILABUS PENJASKES SEKOLAH DASAR

Mudah-mudahan dapat berguna sebagai rujukan atau contoh administrasi pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Sekolah Dasar yang masih mengacu kurikulum KTSP 2006. Ada baiknya dilihat dulu sebelum di download biar tidak kecewa hasilnya, pembelajaran PJOK ini dari kelas 1 sampai kelas 6

SK dan KD PJOK Sekolah Dasar (Lihat - Download)
Pemetaan SK dan KD PJOK Sekolah Dasar (Lihat - Download)
SILABUS PJOK Sekolah Dasar (Lihat - Download)
RPP PJOK Sekolah Dasar (Lihat - Download)
PROMES PJOK Sekolah Dasar (Lihat - Download)
PROTA PJOK Sekolah Dasar (Lihat - Download)
KKM PJOK Sekolah Dasar (Lihat - Download)

RPP SILABUS IPS SEKOLAH DASAR

Mudah-mudahan dapat berguna sebagai rujukan atau contoh administrasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Sekolah Dasar yang masih mengacu kurikulum KTSP 2006. Ada baiknya dilihat dulu sebelum di download biar tidak kecewa hasilnya, pembelajaran IPS ini dari kelas 4 sampai kelas 6

SK dan KD IPS Sekolah Dasar (Lihat - Download)
Pemetaan SK dan KD IPS Sekolah Dasar (Lihat - Download)
SILABUS IPS Sekolah Dasar (Lihat - Download)
RPP IPS Sekolah Dasar (Lihat - Download)
PROMES IPS Sekolah Dasar (Lihat - Download)
PROTA IPS Sekolah Dasar (Lihat - Download)
KKM IPS Sekolah Dasar (Lihat - Download)

Untuk pembelajaran IPS Kelas 1 - 3 download dalam pembelajaran tematiknya ya...

RPP SILABUS IPA SEKOLAH DASAR

Mudah-mudahan dapat berguna sebagai rujukan atau contoh administrasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Sekolah Dasar yang masih mengacu kurikulum KTSP 2006. Ada baiknya dilihat dulu sebelum di download biar tidak kecewa hasilnya, pembelajaran IPA ini dari kelas 4 sampai kelas 6

SK dan KD IPA Sekolah Dasar (Lihat - Download)
Pemetaan SK dan KD IPA Sekolah Dasar (Lihat - Download)
SILABUS IPA Sekolah Dasar (Lihat - Download)
RPP IPA Sekolah Dasar (Lihat - Download)
PROMES IPA Sekolah Dasar (Lihat - Download)
PROTA IPA Sekolah Dasar (Lihat - Download)
KKM IPA Sekolah Dasar (Lihat - Download)

Untuk pembelajaran IPA Kelas 1 - 3 download dalam pembelajaran tematiknya ya...

RPP SILABUS MATEMATIKA SD

Mudah-mudahan dapat berguna sebagai rujukan atau contoh administrasi pembelajaran Matematika Sekolah Dasar yang masih mengacu kurikulum KTSP 2006. Ada baiknya dilihat dulu sebelum di download biar tidak kecewa hasilnya, pembelajaran Matematika ini dari kelas 4 sampai kelas 6

SK dan KD Matematika Sekolah Dasar (Lihat - Download)
Pemetaan SK dan KD Matematika Sekolah Dasar (Lihat - Download)
SILABUS Matematika Sekolah Dasar (Lihat - Download)
RPP Matematika Sekolah Dasar (Lihat - Download)
PROMES Matematika Sekolah Dasar (Lihat - Download)
PROTA Matematika Sekolah Dasar (Lihat - Download)
KKM Matematika Sekolah Dasar (Lihat - Download)

Untuk pembelajaran Matematika Kelas 1 - 3 download dalam pembelajaran tematiknya ya...

RPP SILABUS B INDONESIA SD

Mudah-mudahan dapat berguna sebagai rujukan atau contoh administrasi pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar yang masih mengacu kurikulum KTSP 2006. Ada baiknya dilihat dulu sebelum di download biar tidak kecewa hasilnya, pembelajaran Bahasa Indonesia ini dari kelas 4 sampai kelas 6

SK dan KD Bahasa Indonesia Sekolah Dasar (Lihat - Download)
Pemetaan SK dan KD Bahasa Indonesia Sekolah Dasar (Lihat - Download)
SILABUS Bahasa Indonesia Sekolah Dasar (Lihat - Download)
RPP Bahasa Indonesia Sekolah Dasar (Lihat - Download)
PROMES Bahasa Indonesia Sekolah Dasar (Lihat - Download)
PROTA Bahasa Indonesia Sekolah Dasar (Lihat - Download)
KKM Bahasa Indonesia Sekolah Dasar (Lihat - Download)

Untuk pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 - 3 download dalam pembelajaran tematiknya ya...

RPP SILABUS PKN SEKOLAH DASAR

Mudah-mudahan dapat berguna sebagai rujukan atau contoh administrasi pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Sekolah Dasar yang masih mengacu kurikulum KTSP 2006. Ada baiknya dilihat dulu sebelum di download biar tidak kecewa hasilnya, pembelajaran PKn ini dari kelas 4 sampai kelas 6

SK dan KD PKn Sekolah Dasar (Lihat - Download)
Pemetaan SK dan KD PKn Sekolah Dasar (Lihat - Download)
SILABUS PKn Sekolah Dasar (Lihat - Download)
RPP PKn Sekolah Dasar (Lihat - Download)
PROMES PKn Sekolah Dasar (Lihat - Download)
PROTA PKn Sekolah Dasar (Lihat - Download)
KKM PKn Sekolah Dasar (Lihat - Download)

Untuk pembelajaran PKn Kelas 1 - 3 download dalam pembelajaran tematiknya ya... 

RPP SILABUS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SD

Mudah-mudahan dapat berguna sebagai rujukan atau contoh administrasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Dasar yang masih mengacu kurikulum KTSP 2006. Ada baiknya dilihat dulu sebelum di download biar tidak kecewa hasilnya, pembelajaran PAI ini dari kelas 1 sampai kelas 6

SK dan KD PAI Sekolah Dasar (Lihat - Download)
Pemetaan SK dan KD PAI Sekolah Dasar (Lihat - Download)
SILABUS PAI Sekolah Dasar (Lihat - Download)
RPP PAI Sekolah Dasar (Lihat - Download)
PROMES PAI Sekolah Dasar (Lihat - Download)
PROTA PAI Sekolah Dasar (Lihat - Download)
KKM PAI Sekolah Dasar (Lihat - Download)

RPP SILABUS TEMATIK KELAS 3 SD

Mudah-mudahan dapat berguna sebagai rujukan atau contoh administrasi pembelajaran untuk kelas 3 Sekolah Dasar yang masih mengacu kurikulum KTSP 2006. Ada baiknya dilihat dulu sebelum di download biar tidak kecewa hasilnya, hehe

SK dan KD Tematik Kelas 3 Sekolah Dasar (Lihat - Download)
Pemetaan SK dan KD Tematik Kelas 3 Sekolah Dasar (Lihat - Download)
Jaringan Tematik Kelas 3 Sekolah Dasar (Lihat - Download)
SILABUS Tematik Kelas 3 Sekolah Dasar (Lihat - Download)
RPP Tematik Kelas 3 Sekolah Dasar (Lihat - Download)
PROMES Tematik Kelas 3 Sekolah Dasar (Lihat - Download)
PROTA Tematik Kelas 3 Sekolah Dasar (Lihat - Download)
KKM Tematik Kelas 3 Sekolah Dasar (Lihat - Download)

Untuk kelas 4, 5 dan 6 download per mata pelajaran yah...

RPP SILABUS TEMATIK KELAS 2 SD

Mudah-mudahan dapat berguna sebagai rujukan atau contoh administrasi pembelajaran untuk kelas 2 Sekolah Dasar yang masih mengacu kurikulum KTSP 2006. Ada baiknya dilihat dulu sebelum di download biar tidak kecewa hasilnya, hehe

SK dan KD Tematik Kelas 2 Sekolah Dasar (Lihat - Download)
Pemetaan SK dan KD Tematik Kelas 2 Sekolah Dasar (Lihat - Download)
Jaringan Tematik Kelas 2 Sekolah Dasar (Lihat - Download)
SILABUS Tematik Kelas 2 Sekolah Dasar (Lihat - Download)
RPP Tematik Kelas 2 Sekolah Dasar (Lihat - Download)
PROMES Tematik Kelas 2 Sekolah Dasar (Lihat - Download)
PROTA Tematik Kelas 2 Sekolah Dasar (Lihat - Download)
KKM Tematik Kelas 2 Sekolah Dasar (Lihat - Download)

Untuk kelas 4, 5 dan 6 download per mata pelajaran yah...

RPP SILABUS TEMATIK KELAS 1 SD

Mudah-mudahan dapat berguna sebagai rujukan atau contoh administrasi pembelajaran untuk kelas 1 Sekolah Dasar yang masih mengacu kurikulum KTSP 2006. Ada baiknya dilihat dulu sebelum di download biar tidak kecewa hasilnya, hehe

SK dan KD Tematik Kelas 1 Sekolah Dasar (Lihat - Download)
Pemetaan SK dan KD Tematik Kelas 1 Sekolah Dasar (Lihat - Download)
Jaringan Tematik Kelas 1 Sekolah Dasar (Lihat - Download)
SILABUS Tematik Kelas 1 Sekolah Dasar (Lihat - Download)
RPP Tematik Kelas 1 Sekolah Dasar (Lihat - Download)
PROMES Tematik Kelas 1 Sekolah Dasar (Lihat - Download)
PROTA Tematik Kelas 1 Sekolah Dasar (Lihat - Download)
KKM Tematik Kelas 1 Sekolah Dasar (Lihat - Download)

Untuk kelas 4, 5 dan 6 download per mata pelajaran yah...

Minggu, 10 Maret 2013

TES CPNS KHUSUS HONORER KATAGORI 2

Yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh honorer adalah bisa diangkatnya menjadi PNS. Pengertian honorer sendiri adalah seseorang atau pegawai yang digaji berdasarkan honorarium/gaji tidak tetap. Menurut PP 43 Th 2007 Tenaga Honorer adalah seseorang yang diangkat oleh pejabat pembina kepegawaian atau pejabat lain dalam pemerintahan untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu pada instansi pemerintah atau yang penghasilannya menjadi beban APBN/APBD. Meskipun secara tegas bahwa honorarium tenaga honorer berasal dari APBN/APBD tetapi ada juga tenaga honorer yang sumber penghasilannya tidak dialokasikan khusus seperti alokasinya bersumber dari bantuan operasional sekolah atau bantuan kegiatan yang dibiayai APBN/APBD.

Pada surat edaran Menpan 05 Tahun 2010 menyatakan bahwa honorer yang boleh menerima gaji yang bersumber dari APBN/APBD secara langsung yaitu:
  1. Diangkat oleh pejabat yang berwenang
  2. Bekerja di instansi pemerintah
  3. Masa kerja minimal 1 tahun pada 31 Desember 2005 dan sampai saat ini masih bekerja secara terus menerus
  4. Sekurang-kurangnya berusisa 19 tahun dan tidak lebih dari 46 tahun pada 1 Januari 2006
Berdasarkan hasil pendataan maka pemerintah mengkatagorikan tenaga honorer tersebut kedalam 2 katagori yaitu Katagori 1 (K1) dan Katagori 2 (K2). Katagori 1 (K1) adalah tenaga honorer yang berhak diangkat langsung menjadi CPNS dengan melihat administrasi yang ada sedangkan Katagori 2 (K2) adalah honorer yang berhak diangkat menjadi CPNS dengan sarat lolos administrasi dan tes sesama K2.

NOMOR STATISTIK SEKOLAH (NSS)

Apa itu Nomor Statistik Sekolah (NSS)
Nomor Statistik Sekolah (NSS) adalah nomor unik yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik yang digunakan untuk mempermudah mengetahui lokasi sekolah tersebut. NSS juga biasanya digunakan oleh Badan Akreditasi Naional sebagai nomor unik statistika sekolah itu. 

Dalam data sebuah sekolah dikenal 2 identitas sekolah yang berbeda, Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan Nomor Statistika Sekolah (NSS) kenapa demikian??? Saya sendiri juga bingung, tapi kalau dilihat-lihat perbedaaannya hanya pada pengelolaan datanya. NPSN dikelola oleh kemendiknas langsung sedangkan NSS dikelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Berikut tata cara penomoran NSS yang teriri dari 12 digit
Digit 1 dan 2 menandakan tingkat sekolah
Digit 3 menandakan status sekolah
Digit 4 dan 5 menandakan provinsi sekolah berada
Digit 6 dan 7 menandakan kabupaten sekolah beranda
Digit 8 dan 9 menandakan kecamatan sekolah beranda
Digit 10, 11 dan 12 menandakan nomor uruk sekolah di sebuah kecamatan

LINGKARAN SEKOLAH DASAR

Lingkaran sekolah dasar yang saya maksud disini adalah adalah hal-hal apa saja yang berkaitan dengan sekolah dasar. Kita mulai satu persatu

  1. Gedung sekolah dasar adalah gedung yang berada pada kawasan milik sekolah dasar itu sendiri. Gedung yang berada di sekolah dasar biasanya berupa: kelas, perpustakaan, kantor, kantin, lab, gudang aula bahkan mushola ataupun mesjid.
  2. Kepala sekolah adalah orang yang bertangung jawab atas segala aktifitas yang ada di sekolah dasar
  3. Guru adalah orang yang bertugas untuk mendidik siswa yang belajar dan mempunyai kompetensi sebagai seorang pendidik. Biasanya dalam tugasnya mendidik guru sekolah dasar mempunyai spesifikasi profesi menjadi beberapa bidang diantaranya: Guru Kelas, Guru Pendidikan Agama, Guru Olahraga dan Kesehatan.
  4. Siswa adalah seorang peserta didik yang mau mengikuti semua aturan sekolah baik dalam bentuk kurikulum maupun peraturan sekolah lainnya.
  5. Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) adalah standar kode pengenal untuk kode pengenal yang unik untuk Satuan Pendidikan (Sekolah) yang dikembangkan oleh pusat data statistik pendidikan dan berlaku secara nasional.
  6. Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) adalah nomor unik yang disusun oleh pusat data pendidikan kemendiknas untuk mengetahui dan mengidentifitasi siswa secara nasional agar terstandar dan berkesinambungan.
  7. Nomor Statistik Sekolah (NSS) adalah nomor unik yang dikembangkan oleh badan pusat statistika nasional yang digunakan untuk mengecek standarisasi secara nasional
  8. Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) adalah sistem pendataan secara online dan real time yang digunakan untuk melihat data secara ikro baik siwa, tenaga pendidik dan satuan pendidikan itu sendiri.
Mudah-mudahan sedikit sharing ini dapat berguna.

Jumat, 08 Maret 2013

PERATURAN-PERATURAN TENTANG SEKOLAH DASAR

Saya ingin berbagi beberapa peraturan tentang sekolah dasar
  1. Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lihat - Download)
  2. Peraturan Pemerintah RI No 19 Tahun 2005 Tentang Standar Pendidikan Nasional (Lihat - Download)
  3. Peraturan Pemerintah RI No 47 Tahun 2008 Tentang Wajib Belajar (Lihat - Download)
  4. Peraturan Pemerintah RI No 48 Tahun 2008 Tentang Pendanaan Pendidikan (Lihat - Download)
  5. Permendiknas RI No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah (Lihat - Download)
  6. Permendiknas RI No 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah (Lihat - Download)
  7. Permendiknas RI No 12 Tahun 2007 Tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah (Lihat - Download)
  8. Permendiknas RI No 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah (Lihat - Download)
  9. Permendiknas RI No 16 Tahun 2007 Tentang Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru (Lihat - Download)
  10. Permendiknas RI No 19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah (Lihat - Download)
  11. Permendiknas RI No 20 Tahun 2007 Tentang  Standar Penilaian Pendidikan (Lihat - Download)
  12. Permendiknas RI No 24 Tahun 2007 Tentang Standar Sarana dan Prasarana (Lihat - Download)
  13. Permendiknas RI No 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah (Lihat - Download)
  14. Permendiknas RI No 15 Tahun 2010 Tentang Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar di Kabupaten/Kota (Lihat - Download)
  15. Permendiknas RI No 30 Tahun 2010 Tentang Pemeberian Bantuan Biaya Pendidikan Kepada Pendidik yang Orang Tuanya Tidak Mampu (Lihat - Download)
  16. DRAF KURIKULUM 2013 SEKOLAH DASAR (Lihat - Download)

SEKOLAH DASAR

Apa itu sekolah dasar???
Pengertian sekolah dasar menurut saya adalah suatu jenjang pendidikan dasar dimana siswa yang berumur sekitar 7 tahun menempuh pendidikan sesuai dengan kurikulum selama 6 tahun. 

Kenapa sekolah dasar dikatakan suatu jenjang pendidikan dasar??? Dalam UU Sisdiknas Tahun 2003 dikatakan bahwa pendidikan dasar adalah pendidikan pada jenjang Sekolah Dasar, Madrasah Ibtidaiyah dan yang sederajat serta Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), Madrasah Tsanawiyah atau yang sederajat. Pendidikan dasar yang dimaksud disini adalah pendidikan dasar yang diselengarakan di bawah pengawasan pemerintah yang berbentuk formal pada tingkatan paling awal. Pendidikan di Indonesia sendiri dibagi menjadi tiga tingkatan secara formal yaitu Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah yaitu SMA/SMK/MAN atau yang sederajat dan Pendidikan Tinggi yaitu Universtas/Institut/Sekolah Tinggi/Akademi.

Siswa sekolah dasar biasanya sekitar 7 tahun. Kenapa demikian??? Karena pada umur sekitar 7 tahun dimana kemampuan pemikiranya yang masih abstrak mulai berkembang. Kemampuan ini yaitu kemampuan mengungkapkan fakta yang ada disekitarnya. Maksudnya anak sekolah dasar mulai ingin mengetahui lebih banyak tentang apa yang disekitarnnya. Sebelum memasuki dunia sekolah dasar ada jenjang prasekolah yang biasa disebut Taman Kanak-Kanak. Apakah pada tahap ini keinginannya mengetahui lebih masih kurang. Menurut pandangan saya pada masa ini anak belajar bersosioalisasi tanpa terlalu banyak berpikir faktual.

CARA MENGIRIM EMAIL MENGGUNAKAN GMAIL

Sebenarnya pasti banyak yang sudah tahu bagaimana cara mengirim sebuah email dari. Tapi mungkin ada beberapa orang yang masih juga bingung bagaimana cara menggunakan sebuah akun email. Sebelumnya apakah anda tau apa itu email???

Email merupakan kependekan dari electronic mail yang dalam bahasa indonesianya surat elektronik adalah sebuah cara modern untuk mengirimkan pesan yang bisa dibarengi dengan menyisipkan dokumen, gambar maupun video dengan sangat cepat melalui jaringan internet. Banyak sekali situs yang menyediakan akun email secara gratis maupun berbayar. Selain itu ketika kita memiliki sebuah domain sendiri misalnya domainkita.com maka kita bisa membuat emai dengan domain kita sendiri seperi admin@domainkita.com.

Pertanyaannya kenapa di situs ini sekolahdasar.web.id ada artikel ini??? Apa hubungannya mengunakan email dengan sekolah dasar. Sebenarnya saya ingin sedikit berbagi, mungkin ada diantaranya yang sudah mempunyai akun email tapi ga tau cara mengunakannya karena akun tersebut dibuat bukan oleh sendiri melainkan oleh teman karena keharusan oleh atasan di sekolah dasar atau mungkin diminta oleh dinas pendidikan setempat. Tiba-tiba anda harus mengirimkan sebuah dokumen tapi bingung caranya. Nah yang akan saya bahas sekarang adalah cara mengunakan email dari google yaitu gmail.

Kamis, 07 Maret 2013

MEMBUAT AKUN GOOGLE DAN KEGUNAANNYA

Pertanyaan pertama untuk apa membuat akun google???
Bagi saya sebagai seorang pemula di dunia online, mempunyai akun google itu sangat berguna dan sangat penting. Beberapa keuntungan memiliki akun google diantaranya yang saya dapatkan adalah:

Google Mail atau yang sering disebut G Mail
Gmail adalah situs penyedia akun email yang dimiliki oleh google. Untuk akun free kuota yang diberikan cukup banyak yaitu sekitar 10GB penyimpanan email. Dengan email ini kita bisa bertuka surat elektronek, mengirim berkas-berkas yang diperlukan untuk beberapa kepentingan seperti lamaran kerja, mengirim tugas sekolah. Sekarang memiliki akun email itu wajib untuk PTK yang berada di sekolah dasar. Semua informasi yang diberikan akan secara langsung tertuju kepada yang bersangkutan lebih cepat. Setelah memiliki akun google tinggal menuju situs gmail saja yaitu gmail.com

Google Plus / Google +
Google plus adalah situs media  sosial online yang dimiliki oleh google. Google plus sama seperti situs media sosial online lainnya dapat berbagi cerita, informasi, foto daln lainnya. Setelah mempunyai akun google akan bisa masuk ke situs plus.google.com untuk memiliki halaman google plus.

PUISI ANAK NEGERI

Hari ini saya ini menulis sebuah puisi yang menjadi salah satu kegemaran saya, mudah-mudahan puisinya tidak mengecewakan yang membacanya. Kalo beberapa orang dikenal dengan penulis kelas kakap, ada kelas cumi dan mungkin ada yang dibilang kelas teri. Kalo saya peribadi mungkin hanya bisa penulis tidak naik kelas karena tak pernah punya kelas. Hehe, ni puisi yang saya tulis.


PUISI ANAK NEGERI

Di bawah langit aku berpijak di kaki bumi pertiwi
Aku hanya jiwa yang mencari jati diri
Beri aku ruang untuk beraktualisasi wahai penguasa negeri
Setitik harap menunggu ku dikemudian hari

Langkah kaki yang ku tempuh
Keringat menetes tak ku hirau
Hanya ilmu yang ku pikir dan ingin ku raih
Aku punya asa aku punya cita
Aku ingin terus berjuang dan di puncak tertinggi
Aku hanya jiwa yang mencari jati diri 

Langkah pertamaku masuk sekolah merah putih ini
Berinteraksi mengenal dunia
Menyelam dalamnya laut
Terbang keluar angkasa
Terimakasih akan ku ucap nanti
Ketika aku mampu berdiri sendiri
Aku hanya jiwa yang mencari jati diri
 

Rabu, 06 Maret 2013

KENDALA PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR

Lanjut dari posting sebelumnya mengenai kurikulum 2013 di sekolah dasar

PENERAPAN KEDEPANNYA SEPERTI APA PERUBAHAN TERSEBUT 
Pada perubahan di kompetensi lulusan, peningkatan keseimbangan antara soft skills dan hard skills akan berpengaruh pada proses penilaian. Implementasi tersebut akar berpengaruh terhadap penilaian. Ketika standar kelulusan tidak hanya didasarkan pada ranah pengetahuan (ranah kognitif) saja maka proses penilaian tersebut menjadikan ulangan harian, ulangan tengah semester maupun ulangan semester bukan komponen inti penilaian. Tetapi seperti terlihat bahwa penggunaan portofolio dalam kurikulum baru ini menjadi sangat penting. Pertanyaan selanjutnya, tapukan apa itu portofolio? seperti apa portofolio? bagaimana penilaian yang menggunakan portofolio? Mungkin sebagian besar pendidik belum mengenal dan mengunakan ini dalam proses penilaian. Nanti kedepan mungkin saya akan mencoba membahas tersendiri apa itu portofolio.

Selanjutnya yang menjadi pekerjaan rumah dalam perubahan kurikulum yaitu bentuk pembelajaran yang bersifat tematik integratif? Apakah pendidik tau pendekatan itu seperti apa? Kendala dalam penerapan pendekatan ini seperti apa?. Nanti kedepan saya akan mencoba sharing apa itu pendekatan tematik integratif. Tapi yang menjadi bahan pemikiran saya ketika mendengar tematik integratif adalah dari dulu diterapkan pembelajaran tematik integratif pada kelas 1 sampai kelas 3 tetapi ketika melakukan proses penilaian, soal yang diberikan tidak dalam bentuk tematik integratif. Disini telah terjadi distorsi dan saling bertolak belakang. Dalam pemikiran saya salah satu contoh penilaian tematik integratif yang bisa dijadikan acuan yaitu bentuk TES KEMAMPUAN DASAR yang biasa dilakukan pada kelas 3. Dimana tes dilakukan hanya dalam satu waktu, dalam satu lembar soal yang mencakup berbagai kemampuan tidak terpisah-pisah. Dalam kenyataannya meskipun pembelajarannya dilakukan dengan tematik integratif tetapi tes dilakukan per mata pelajaran secara terpisah. Kita bandingkan dengan kata IPA terpadu atau IPS Terpadu dimana meskipun didalamnya terdapat mata pelajaran fisika dan biologi pada tingkatan SMP tetapi ujiannya dilakukan dalam satu berkas soal yaitu IPA saja. Tetapi di tingkatan SD yang ceritanya menggunakan pendekatan tematik terpadu tetapi ujian dalam bentuk mata pelajaran terpisah.


KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR

Pembahasan kurikulum baru penyempurnaan kurikulum lama KTSP sudah beberapa bulan ini diperbincangkan baik di media online televisi maupun di situs-situs online. Kurikulum pendidikan dasar pada tingkat SEKOLAH DASAR pun mengalami perubahan seiring dengan kebutuhan era globalisasi. Pemerintah menilai pengembangan kurikulum ini sangat diperlukan agar bangsa Indonesia bisa bersaing di era globalisasi.

Ada beberapa elemen perubahan yang coba pemerintah terapkan terhadap Kurikulum Sekolah Dasar baru 2013 dalam empat aspek baik standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses mapun standar penilaian. Elemen  perubahan tersebut diantaranya:

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
Adapun perubahan dalam standar kompetensi lulusan sekolah dasar yaitu:
  • Adanya peningkatan dan keseimbangan soft skills dan hard skills yang meliputi aspek kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan
  • Kompetensi yang semula diturunkan dari mata pelajaran sekarang dibalik atau berubah menjadi mata pelajaran yang dikembangkan dari kompetensi
  • Pendekatan pembelajaran di sekolah dasar menggunakan pendekatan tematik integratif untuk semua mata pelajaran dari kelas 1 samapai kelas 6 yang asalnya pendekatan tematik integratif ini diberlakukan dan dikembangkan di kelas 1 sampai 3 saja. 

APA ITU SEKOLAHDASAR.WEB.ID

Ini posting pertama saya. Salam kenal.
Apa itu sekolahdasar.web.id???
SEKOLAHDASAR.WEB.ID merupakan web yang sengaja saya buat untuk mengungkapkan pemikiran saya tentang dunia pendidikan formal di Indonesia khususnya pendidikan formal pertama yang dikenal dengan sebutan SEKOLAH DASAR. Adapun kedepannya web ini akan berisi beberapa katagori diantaranya:
  1. Psikologi
  2. Pembelajaran
  3. Kreatifitas
  4. Info
  5. Artikel Bebas
  6. Bank Soal
  7. Blogging
PSIKOLOGI
Psikologi yang saya maksud disini adalah tentang perkembangan anak seperti motivasi dia belajar, kemampuan sosialisasi di sekolah, dan dukungan keluarga. Disini saya akan berbagi tentang sebab akibat dalam dunia perkembangan anak dan berbagi solusi yang bisa dilakukan. 

PEMBELAJARAN
Katagori pembelajaran disini yaitu saya ingin berbagi beberapa model-model pembelajaran yang bisa digunakan guru sebagai model pembelajaran alternatif. Selain itu disini kedepannya saya akan memberikan contoh kongkrit, tahap demi tahap pembelajaran tersebut agar lebih dipahami dan disesuaikan dengan KURIKULUM baru yang diterapkan pemerintah pada tahun 2013.