Rabu, 20 Maret 2013

SOAL UKG 2013 KD 1.2

CONTOH SOAL UJI KOMPETENSI GURU 2013 
YANG DISESUAIKAN DENGAN KISI-KISI SOAL UKG 

KOMPETENSI 
1. Menguasai subtansi dan metodologi dasar keilmuan bahasa Indonesia yang mendukung pembelajaran bahasa Indonesia SD/MI
SUB KOMPETENSI 
1.2 Merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi dan mengevaluasi pembelajaran bahasa Indonesia  
INDIKATOR ESENSIAL
1.2.1 Memilih berbagai metode pembelajaran menulis permulaan yang dapat mengembangkan kemampuan dan kegemaran menulis siswa
1.2.2 Merancang berbagai kegiatan menulis kelas tinggi yang dapat meningkatkan kemampuan menulis dan berpikir siswa
1.2.3 Memperjelas perencanaan dan pelaksanaan penilaian dan evaluasi dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

CONTOH SOAL
No Soal 3a (sesuai IE 1.2.1)
Metode dengan memulai pengajaran membaca dan menulis permulaan dengan membaca kalimat secara utuh yang ada di bawah gambar. Menguraikan kalimat dengan kata-kata, menguraikan kata-kata menjadi suku kata disebut dengan metode 
a. Metode Eja 
b. Metode Kata Lembaga 
c. Metode Global 
d. Metode SAS 
Jawaban :
Pembahasan 
Beberapa metode dalam menulis permulaan diantaranya yaitu: 
1. Metode Eja Metode eja di dasarkan pada pendekatan harfiah, artinya belajar membaca dan menulis dimulai dari huruf-huruf yang dirangkaikan menjadi suku kata. Oleh karena itu pengajaran dimulai dari pengenalan huruf-huruf. Demikian halnya dengan pengajaran menulis di mulai dari huruf lepas, dengan langka-langkah sebagai berikut: a) Menulis huruf lepas b) Merangkaikan huruf lepas menjadi suku kata. c) Merangkaikan suku kata menjadi kata d) Menyusun kata menjadi kalimat. 
2. Metode kata lembaga Metode kata lembaga di mulai mengajar dengan langkah-langkah sebagai berikut: a) Mengenalkan kata. b) Merangkaikan kata antar suku kata. c) Menguraikan suku kata atas huruf-hurufnya. d) Menggabungkan huruf menjadi kata. 
3. Metode Global Metode global memulai pengajaran membaca dan menulis permulaan dengan membaca kalimat secara utuh yang ada di bawah gambar. Menguraikan kalimat dengan kata-kata, menguraikan kata-kata menjadi suku kata. 
4. Metode SAS Metode SAS menurut (Djuzak,1996:8) adalah suatu pembelajaran menulis permulaan yang didasarkan atas pendekatan cerita yakni cara memulai mengajar menulis dengan menampil cerita yang diambil dari dialog siswa dan guru atau siswa dengan siswa. Teknik pelaksanaan pembelajaran metode SAS yakni keterampilan menulis kartu huruf, kartu suku kata, kartu kata dan kartu kalimat, sementara sebagian siswa mencari huruf, suku kata dan kata, guru dan sebagian siswa menempel kata-kata yang tersusun sehingga menjadi kalimat yang berarti. 


No Soal 3b (sesuai IE 1.2.1)
Suatu pembelajaran menulis permulaan yang didasarkan atas pendekatan cerita yakni cara memulai mengajar menulis dengan menampil cerita yang diambil dari dialog siswa dan guru atau siswa dengan siswa disebut dengan metode
a. Metode Eja
b. Metode Kata Lembaga
c. Metode Global
d. Metode SAS
Jawaban : D
Pembahasan lihat pembahasan 3a

No Soal 4a (sesuai IE 1.2.2)
Berikut adalah kegiatan menulis lanjutan di kelas tinggi kecuali
a. Menulis tentang berbagai topic
b. Menulis pengumuman
c. Menulis pantun
d. Menulis memo
Jawaban A
Pembahasan
Teknis menulis tingkat tinggi dikelompokan menjadi 2 yaitu
1. Menulis cerita a) Teknik menyusun kalimat (menjawab pertanyaan, memperbaiki sususan kalimat, memperbaiki susunan kalimat, subtitusi, transformasi dan membuat kalimat) b) Teknik memperkenalkan cerita (baca dan tulis, simak dan tulis, meniru model, menyusun paragraph, menceritakan kembali, dan membuat) 
2. Menulis untuk keperluan sehari-hari a) menulis surat b) menulis pengumuman c) mengisi formulir d) menulis surat undangan e) membuat iklan f) menyusun daftar riwayat hidup 
Model menulis cerita/cerpen di kelas tingkat tinggi yaitu: 
1. menceritakan gambar 
2. melanjutkan cerita lain 
3. menceritakan mimpi 
4. menceritakan pengalaman 
5. Menceritakan cita-cita 
Jenis tulisan yang bisa dikembangkan pada kegiatan menulis lanjutan ini adalah menulis pantun, puisi, surat dan prosa 

No Soal 4b (sesuai IE 1.2.2)
Model menulis cerita/cerpen di kelas tinggi yaitu, kecuali…
a. Menceritakan mimpi
b. Menceritakan pengalaman
c. Menceritakan cita-cita
d. Menceritakan kata
Jawaban D
Pembahasan lihat pembahasa 4a

No Soal 5a (sesuai IE 1.2.3)
Perencanaan pengajaran meliputi hal-hal berikut, kecuali
a. Tujuan apa yang hendak dicapai
b. Memilih bahan aja
c. Proses belajar mengajar
d. Alat penilaian
Jawaban C
Pembahasan
Perencanaan yang baik harus meliputi
1. Tujuan apa yang hendak dicapai
2. Memilih bahan ajar
3. Memilih metode pengajaran
4. Alat penilaian

No Soal 5b (sesuai IE 1.2.3)
Tahap mengumpulkan informasi tentang keadaan objek evaluasi (siswa) dengan menggunakan teknik tes atau nontes disebut tahapan 
a. Tahap tindak lanjut
b. Tahap persiapan
c. Tahap pelaksanaan
d. Tahap pengolahan hasil
Jawaban C
Pembahasan
Tahapan dalam evaluasi pembelajaran yaitu
1. Tahap persiapan (tahap untuk menentukan objek evaluasi akan dievaluasi menggunakan metode apa? Tes atau non tes. Teknik tes yaitu teknik evaluasi dengan memberikan tes kepada siswa seperti tes tertulis, tes lisan, angket, wawancara. Teknik non tes biasanya dilihat dari observasi langsung) 
2. Tahap pelaksanaan (tahat mengumpulkan informasi tentang objek evaluasi baik menggunakan teknik tes maupun non tes) 
3. Tahap pengolahan hasil (tahap pengolahan hasil tes maupun non tes menjadi untuk ditindaklanjuti hasilnya) 
4. Tahap Tindak lanjut evaluasi (tahap ini biasanya tindak lanjut hasil evaluasi berupa remedial atau pengayaan)

Lihat kisi-kisi lengkap soal UKG disini atau download disini
Untuk KD 1.3 lihat disini