Jumat, 08 Maret 2013

SEKOLAH DASAR

Apa itu sekolah dasar???
Pengertian sekolah dasar menurut saya adalah suatu jenjang pendidikan dasar dimana siswa yang berumur sekitar 7 tahun menempuh pendidikan sesuai dengan kurikulum selama 6 tahun. 

Kenapa sekolah dasar dikatakan suatu jenjang pendidikan dasar??? Dalam UU Sisdiknas Tahun 2003 dikatakan bahwa pendidikan dasar adalah pendidikan pada jenjang Sekolah Dasar, Madrasah Ibtidaiyah dan yang sederajat serta Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), Madrasah Tsanawiyah atau yang sederajat. Pendidikan dasar yang dimaksud disini adalah pendidikan dasar yang diselengarakan di bawah pengawasan pemerintah yang berbentuk formal pada tingkatan paling awal. Pendidikan di Indonesia sendiri dibagi menjadi tiga tingkatan secara formal yaitu Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah yaitu SMA/SMK/MAN atau yang sederajat dan Pendidikan Tinggi yaitu Universtas/Institut/Sekolah Tinggi/Akademi.

Siswa sekolah dasar biasanya sekitar 7 tahun. Kenapa demikian??? Karena pada umur sekitar 7 tahun dimana kemampuan pemikiranya yang masih abstrak mulai berkembang. Kemampuan ini yaitu kemampuan mengungkapkan fakta yang ada disekitarnya. Maksudnya anak sekolah dasar mulai ingin mengetahui lebih banyak tentang apa yang disekitarnnya. Sebelum memasuki dunia sekolah dasar ada jenjang prasekolah yang biasa disebut Taman Kanak-Kanak. Apakah pada tahap ini keinginannya mengetahui lebih masih kurang. Menurut pandangan saya pada masa ini anak belajar bersosioalisasi tanpa terlalu banyak berpikir faktual.

Siswa sekolah dasar harus menempuh pendidikan. Pada dasarnya pendidikan adalah suatu proses infiltrasi nilai-nilai kepada siswa menuju sebuah peradaban. Proses infiltrasi ini yaitu memasukan nilai-nilai yang diinginkan kepada siswa baik secara sadar ataupun tidak sadar, baik menggunakan kekerasan ataupun kelembutan, baik doktrin ataupun ilmiah, agar siswa bisa menjadi seseorang yang memiliki nilai-nilai tersebut. Nilai apa saja yang di infiltrasikan??? Tentunya nilai-nilai positif karena pada fitrahnya manusia selalu menuju kebaikan. Pendidikan menuju suatu peradaban??? Mau tidak mau pendidikan adalah suatu rekayasa proses yang pada akhirnya menuju peradaban tertent. Dulu pendidikan difokuskan untuk pengembangan keterampilan pada perkembangan revolusi industri, tetapi sekarang pendidikan mungkin berfokus pada pengendalian industri itu sendiri agar tidak merusak lingkungan. Pendidikan di Indonesia sendiri memiliki 3 komponen yang ingin dikembangkan yaitu sikap, keterampilan dan pengetahuan. Sikap dan keterampilan tanpa pengetahuan akan menghasilkan kecerobohan, Sikap dan pengetahuan tanpa keterampilan akan menghasilkan ketidakberdayaan serta pengetahuan dan keterampilan tanpa sikap akan menghasilkan kedzaliman.

Segala aktivitas di sekolah dasar harus disesuaikan dengan kurikulum. Apa sebenarnya kurikulum pada jaman modern ini. Dalam pandangan saya kurikulum saat ini mengalami pergeseran makna yang menuju kepada lebih baik. Dulu kurikulum hanya diartikan sebagai suatu administrasi yang harus dibuat dan didokumentasikan oleh seorang guru pada suatu sekolah dasar. Sekarang kurikulum bisa diartikan sebagai suatu konsep pendidikan dimana semua aktivitas siswa baik dalam pengawasan guru atau tidak yang menghasilkan suatu pengalaman dan pemikiran berharga menuju sebuah tujuan tertentu. Dalam dunia formal berhasil tidaknya siswa melalui kurikulum tersebut dibuktikan dengan sebuah izajah. Pada sekolah dasar pemerintah merancang sebuah kurikulum yang harus ditempuh yaitu selama 6 tahun.

Semoga apa yang saya tulis tidak mengecewakan dan bisa menjadi bahan diskusi. Terima Kasih