Minggu, 10 Maret 2013

LINGKARAN SEKOLAH DASAR

Lingkaran sekolah dasar yang saya maksud disini adalah adalah hal-hal apa saja yang berkaitan dengan sekolah dasar. Kita mulai satu persatu

  1. Gedung sekolah dasar adalah gedung yang berada pada kawasan milik sekolah dasar itu sendiri. Gedung yang berada di sekolah dasar biasanya berupa: kelas, perpustakaan, kantor, kantin, lab, gudang aula bahkan mushola ataupun mesjid.
  2. Kepala sekolah adalah orang yang bertangung jawab atas segala aktifitas yang ada di sekolah dasar
  3. Guru adalah orang yang bertugas untuk mendidik siswa yang belajar dan mempunyai kompetensi sebagai seorang pendidik. Biasanya dalam tugasnya mendidik guru sekolah dasar mempunyai spesifikasi profesi menjadi beberapa bidang diantaranya: Guru Kelas, Guru Pendidikan Agama, Guru Olahraga dan Kesehatan.
  4. Siswa adalah seorang peserta didik yang mau mengikuti semua aturan sekolah baik dalam bentuk kurikulum maupun peraturan sekolah lainnya.
  5. Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) adalah standar kode pengenal untuk kode pengenal yang unik untuk Satuan Pendidikan (Sekolah) yang dikembangkan oleh pusat data statistik pendidikan dan berlaku secara nasional.
  6. Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) adalah nomor unik yang disusun oleh pusat data pendidikan kemendiknas untuk mengetahui dan mengidentifitasi siswa secara nasional agar terstandar dan berkesinambungan.
  7. Nomor Statistik Sekolah (NSS) adalah nomor unik yang dikembangkan oleh badan pusat statistika nasional yang digunakan untuk mengecek standarisasi secara nasional
  8. Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) adalah sistem pendataan secara online dan real time yang digunakan untuk melihat data secara ikro baik siwa, tenaga pendidik dan satuan pendidikan itu sendiri.
Mudah-mudahan sedikit sharing ini dapat berguna.