Rabu, 06 Maret 2013

KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR

Pembahasan kurikulum baru penyempurnaan kurikulum lama KTSP sudah beberapa bulan ini diperbincangkan baik di media online televisi maupun di situs-situs online. Kurikulum pendidikan dasar pada tingkat SEKOLAH DASAR pun mengalami perubahan seiring dengan kebutuhan era globalisasi. Pemerintah menilai pengembangan kurikulum ini sangat diperlukan agar bangsa Indonesia bisa bersaing di era globalisasi.

Ada beberapa elemen perubahan yang coba pemerintah terapkan terhadap Kurikulum Sekolah Dasar baru 2013 dalam empat aspek baik standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses mapun standar penilaian. Elemen  perubahan tersebut diantaranya:

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
Adapun perubahan dalam standar kompetensi lulusan sekolah dasar yaitu:
  • Adanya peningkatan dan keseimbangan soft skills dan hard skills yang meliputi aspek kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan
  • Kompetensi yang semula diturunkan dari mata pelajaran sekarang dibalik atau berubah menjadi mata pelajaran yang dikembangkan dari kompetensi
  • Pendekatan pembelajaran di sekolah dasar menggunakan pendekatan tematik integratif untuk semua mata pelajaran dari kelas 1 samapai kelas 6 yang asalnya pendekatan tematik integratif ini diberlakukan dan dikembangkan di kelas 1 sampai 3 saja. 
STANDAR ISI
Perubahan yang terjadi dalam standar isi sekolah dasar ini dimana struktur kurikulum:
  • Holistik Berbasis Sains (alam, sosial dan budaya)
  • Jumlah mata pelajaran berubah dari 10 menjadi 6 mata pelajaran
  • Jumlah jam bertambah 4JP/minggu akibat perubahan pendekatan pembelajaran
STANDAR PROSES
Perubahan yang terjadi dalam proses pada kurikulum sekolah dasar yang baru ini yaitu:
  • Standar Proses yang semula terfokus pada Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi  dilengkapi dengan Mengamati, Menanya, Mengolah, Menyajikan, Menyimpulkan, dan Mencipta.
  • Belajar tidak hanya terjadi di ruang kelas, tetapi juga di  lingkungan sekolah dan masyarakat 
  • Guru bukan satu-satunya sumber belajar.
  • Sikap tidak diajarkan secara verbal, tetapi melalui contoh dan teladan
  • Pembelajaran dilaksanakan tematik terpadu
STANDAR PENILAIAN 
Pada penilaian aspek yang dikembangkan pada kurikulum 2013 yaitu:
  • Penilaian berbasis kompetensi
  • Pergeseran dari penilain melalui tes [mengukur kompetensi pengetahuan berdasarkan hasil saja], menuju penilaian otentik [mengukur semua kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan berdasarkan proses dan hasil]
  • Memperkuat PAP (Penilaian Acuan Patokan) yaitu pencapaian hasil belajar didasarkan pada posisi skor yang diperolehnya terhadap skor ideal (maksimal)
  • Penilaian tidak hanya pada level KD, tetapi juga kompetensi inti dan SKL
  • Mendorong pemanfaatan portofolio yang dibuat siswa sebagai instrumen utama penilaian 
  • EKSTRAKULIKULER PRAMUKA WAJIB
Untuk draf kurikulum sekolah dasar dapat di lihat disini
atau download disini