Jumat, 08 Maret 2013

CARA MENGIRIM EMAIL MENGGUNAKAN GMAIL

Sebenarnya pasti banyak yang sudah tahu bagaimana cara mengirim sebuah email dari. Tapi mungkin ada beberapa orang yang masih juga bingung bagaimana cara menggunakan sebuah akun email. Sebelumnya apakah anda tau apa itu email???

Email merupakan kependekan dari electronic mail yang dalam bahasa indonesianya surat elektronik adalah sebuah cara modern untuk mengirimkan pesan yang bisa dibarengi dengan menyisipkan dokumen, gambar maupun video dengan sangat cepat melalui jaringan internet. Banyak sekali situs yang menyediakan akun email secara gratis maupun berbayar. Selain itu ketika kita memiliki sebuah domain sendiri misalnya domainkita.com maka kita bisa membuat emai dengan domain kita sendiri seperi admin@domainkita.com.

Pertanyaannya kenapa di situs ini sekolahdasar.web.id ada artikel ini??? Apa hubungannya mengunakan email dengan sekolah dasar. Sebenarnya saya ingin sedikit berbagi, mungkin ada diantaranya yang sudah mempunyai akun email tapi ga tau cara mengunakannya karena akun tersebut dibuat bukan oleh sendiri melainkan oleh teman karena keharusan oleh atasan di sekolah dasar atau mungkin diminta oleh dinas pendidikan setempat. Tiba-tiba anda harus mengirimkan sebuah dokumen tapi bingung caranya. Nah yang akan saya bahas sekarang adalah cara mengunakan email dari google yaitu gmail.

1. Masuk ke gmail.com
2. Kalau anda sudah punya akun google masukan akun tersebut dan passwordnya terus klik MASUK. Kalau belum anda buat dulu
3. Untuk mengirimkan sebuah email anda buat dulu isi email tersebut dan apakah anda akan memasukan data tambahannya. Kelik TULIS untuk membuat sebuah email
4. Isi Kepada ke email tujuan anda
5. Isi Perihal dengan inti pesan anda misalnya Permohonan Kerjasama
6. Jika anda ingin menyisipkan sebuah dokumen, foto atau gambar klik Lampirkan file di bawah perihal
7. Setelah di klik Lampirkan file maka akan terbuka jendela windows baru kemudian pilih file yang akan dilampirkannya.
8. Isi Pesan anda disini
9. Setelah semua selesai ketik KIRIM untuk mengirim email anda
10. Selamat anda telah berhasil mengirimkan sebuah email. Tinggal menunggu email anda di respon